oleh

Ketika Jamaah Tabligh Berdakwah Menembus Jeruji Penjara Polres Ogan Ilir

TRIBUNPOS.COM I INDRALAYA – Puluhan tahanan Polres Ogan Ilir, Rabu (19/02/20) pagi terperangah. Sebab ada ustadz yang mau-maunya menembus jeruji untuk mengajari mereka perkara iman agar selalu dekat dengan Alloh dalam kondisi seperti ini.

Ialah Ustadz Hikam bersama ustadz lainnya yang rela meluangkan waktu untuk berdakwah ke para tahanan tersebut.

Para tahanan sangat senang adanya kegiatan itu. Dengan pakaian bersih dan rapi serta kopiah di kepala, semuanya berkumpul di antara lorong sel tahanan. Tampak puluhan tahanan khusuk mendengar materi kajian yang disampaikan ustadz tentang taubat.

Kajian khusus untuk tahanan ini telah dilaksanakan sejak zamannya Kapolres sebelumnya AKBP Asep Jajat Sudrajat Sik, dilanjutkan sampai Kapolres sekarang, AKBP Imam Tarmudi Sik. Sekarang program ini sudah menjadi program rutin Mapolres Ogan Ilir bekerja sama dengan para ustadz dari Jama’ah Tabligh.

Ustadz Hikam dalam ceramanya menyampaikan, para tahanan jangan berputus asa dari rahmat dan ampunan Alloh. Segera taubat dan sesali kesalahan. Jadikan kondisi saat ini sebagai pelajaran berharga untuk memperbaiki iman dan keadaan di masa depan.

“Penting pak mengusahakan iman dalam diri kita ini pak, kita terus memperbaharui iman kita, bagaimana caranya dengan selalu memasukan Alloh dalam hati kita, dalam perbuatan kita. Yakin lah, saat ini, di dalam tahanan ini, Alloh kasih kalian waktu dan kesempatan yang banyak untuk bertobat dan memperbaiki iman,” ucap Ust. Hikam di hadapan para tahanan.

“Ini merupakan kesempatan taubat, memperbaiki diri untuk keluarga yang telah ditinggalkan di rumah. Ini adalah pelajaran berharga. Masih ada kesempatan untuk menjadi penghuni surga. Allah Maha Pengampun, jika kita betul-betul bertaubat maka Allah akan ampuni dosa yang lalu,” sambungnya.

Selain agar akhlak para tahanan semakin membaik, seiring keimanan yang terus diasah dengan adanya program siraman rohani seperti ini. Para tahanan juga diajarkan membaca surah Alfatiha dengan baik dan benar, belajar sholat dan pelajaran ibadah lainnya.

“Insya Allah ini rutin kita laksanakan setiap bulan. Dengan harapan bisa menjadi sarana membangkitkan lagi semangat para tahanan menggali ilmu agama dan meningkatkan keimanan kepada Allah Subahanahu Wata’ala,” sebut Ustadz Hikam.

Untuk diketahui, kunjungan dakwah tidak hanya menyasar tahanan di Mapolres Ogan Ilir, tim dakwah Jamaah Tabligh Ogan Ilir ini, juga rutin mengisi kajian dakwah kepada warga binaan di Lapas Tanjung Raja. (Red/Kaka)

Penulis: Kaka Penesak
Editor: Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed