oleh

Kadinkes: Tidak Ada Virus Corona di Prabumulih

PRABUMULIH, TRIBUNPOS.COM I Wabah virus corona baru (2019-nCoV) dari Wuhan China meluas, kekhawatiran bakal masuk ke Indonesia membuat banyak pihak ketakutan. Apalagi saat ini bermunculkan banyak informasi di Sosmed tentang ada pasien terkena virus corona dirawat di sejumlah rumah sakit. Bahkan beredar isu di Palembang katanya sudah ada yang terkena virus yang mematikan ini.

Bahkan politisi muda PDI Perjuangan yang juga Ketua Fraksi PDIP di DPRD Kota Prabumulih, Alfa Sujatmiko ikut angat bicara mengenai wabah virus corona yang meresahkan warga tersebut. Mengingat Prabumulih adalah kota yang menjadi perlintasan kota-kota lain di Sumatera Selatan. Sedangkan di daerah sekitar Prabumulih sendiri banyak pekerja asing (China). Ini tentu yang menjadi kekawatiran jangan sampai pekerja tersebut dan warga kota terinfeksi virus corona.


Seperti apa kondisi sebenarnya, berikut hasil wawancara ekslusif wartawan Tribunpos.com, Aries Prandiko, Biro Prabumulih?

Kepala Dinas Kesehatan Kota Prabumulih, dr Happy Tedjo saat dikonfimasi Tribunpos.com mengatakan, Kota Prabumulih tidak ada virus corona. Pihaknya telah mengecek beberapa pasien di rumah sakit di kota ini, hasilnya negatif dalam arti bebas dari infeksi corona.

“Kemarin kita telah cek seluruh rumah sakit tidak ada pasien yang terjangkit virus corona,” ujarnya, Rabu (29/01/2020).

Dokter Happy mengutarakan pihaknya juga telah meminta ke perusahaan-perusahaan agar tetap mengecek para pekerja asingnya.

Ia menambahkan, untuk rumah sakit telah diberikan pengarahan jikalau ada masyarakat yang diduga terjangkit virus ini, untuk sesegera mungkin dilakukan penanganannya.

“Kita telah siapkan ruang isolasi, kita siap dan kita monitoring terus,” ungkapnya.

Happy juga mengatakan pihaknya juga telah memberikan himbauan untuk semua masyarakat, rumah sakit, perusahaan agar tetap waspada.

“Kami telah memberikan himbauan kepada seluruh Satuan Kelengkapan Perangkat Daerah (SKPD) agar turut serta menyampaikan kepada masyarakat supaya tetap waspada jangan bepergian keluar negara yang terjangkit wabah virus,” ucapnya.

Ia menambahkan walaupun virus corona masuk Indonesia itu baru sebatas isu, namun masyarakat tetap harus waspada. “Masyarakat jangan khawatir tapi harus waspada, tetap tenang.” pungkasnya menutup wawancara. (Red/Kaka)

Penulis: Aries Parandiko
Editor : Sandi Pusaka Herman

 

Baca juga Soal Pekerja Cina di Prabumulih, Alfa Sujatmiko Minta Dinkes Antisipasi Virus Corona https://www.tribunpos.com/nasional/soal-pekerja-cina-di-prabumulih-alfa-sujatmiko-minta-dinkes-antisipasi-virus-corona

Komentar

News Feed