oleh

Jalan Penghubung Muara Kuang-Tanjung Raja Amblas, Akses Terputus Total

OGAN ILIR, Tribunpos.com | Jalan lintas yang menghubungkan Kecamatan Muarakuang-Tanjung Raja tepatnya di desa Ulak Kembahang, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan amblas, Selasa (14/5/2019).

Jalan milik propinsi itu putus total bagi kendaraan roda empat, akibatnya aktivitas warga lumpuh.

Hingga berita ini dibuat belum diketahui pasti penyebab amblasnya jalur utama yang menghubungkan Kecamatan Muara Kuang, Ogan Ilir dengan akses ke kota Palembang tersebut.

Namun, diduga kuat amblasnya jalan karena terkikis oleh air sungai ogan dan air hujan yang mengakibatkan keretakan pada sebagian badan jalan.

Jalan lintas yang menghubungkan Kecamatan Muarakuang-Tanjung Raja tepatnya di desa Ulak Kembahang, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan amblas, Selasa (14/5/2019).

Pantauan Tribun Desa (Tribun Pos Grup) di lokasi, lebih dari separuh jalan tersebut yang amblas. Hanya roda dua yang bisa melewati.

Menurut kesaksian Hartono warga setempat, saat dirinya melintasi jalan tersebut menggunakan mobil, tiba di lokasi jalan sudah amblas dan tidak bisa dilewati.

Kini akses untuk menuju Palembang dan wilayah sekitarnya untuk sementara tak bisa dilalui dan ditutup untuk kendaraan roda empat.

Kendati begitu tak sedikit pengendara motor tetap nekat dan secara bergiliran mendorong kendaraannya melewati sisa jalan yang tak amblas, walaupun sedikit was-was resiko besar bakal jatuh ke sungai.

“Enak saya dorong motor lewati tanah amblas itu dari sisi jalan yang tak amblas walaupun sedikit, dari pada harus putar arah lewat jalan BRK” kata David saat diwawancarai wartawan Tribun Desa.

Untuk kendaraan yang ingin menuju Palembang atau Tanjung Raja ada baiknya menggunakan jalur alternatif yaitu jalan BRK, Tambang Rambang. Walau harus memutar arah, dengan selisih waktu sekitar satu jam. Sebab jalan ini menjadi akses satu-satunya alternatif menuju Palembang dan sekitarnya untuk sementara waktu. (Red)

Wartawan: Beta SJD
Editor: Sandi Pusaka Herman


Komentar

News Feed