oleh

Hanya 0,1 % Generasi Muda Banten Bekerja di Sektor Pertanian

SERANG, Tribunpos.com | Pemerintah Provinsi Banten mengungkap, hanya 0,1 persen generasi muda Banten usia 15-24 tahun yang bekerja disektor pertanian. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus M Tauchid dalam sebuah acara talk show “Banten Punya Kopi” di Pendopo Bupati Serang, Rabu (24/4/2019).

Agus memaparkan, untuk di Provinsi Banten, pihaknya akan mencanangkan Kawasan Kopi Berbasis Corforation. Artinya petani akan dipenuhi semua kebutuhannya dari hulu sampai dengan hilir.

Lanjut Agus, diharapkan dengan adanya progam yang dicanangkan tersebut, akan dapat menjawab persoalan yang 0,1 %. Selain itu diharapkan pula dapat membuka lapangan pekerjaan baru, serta menjadikan generasi muda memiliki minat dalam dunia pertanian.

“Itu mimpi yang indah, dan insya Allah akan kita adakan evaluasi di lapangan. Agar jangan sampai dalam program ini, kami ingin membangun dari hulu ternyata ada konflik lahan,” katanya.

Sementara Ketua Dewan Kopi Indonesia, Anton Afriantono mengatakan, kegiatan ‘Banten Punya Kopi’ ini merupakan langkah yang bagus untuk memperkenalkan kopi dari Banten. Selain itu, dengan hadirnya beberapa pegiat kopi di Banten. Pihaknya telah bersepakat untuk mengembangkan dan memajukan dunia kopi di Banten.

Lanjut Anton, untuk di Banten mengenai lahan sudah tersedia. Hanya saja yang menjadi persoalan untuk ditingkatkan yakni petani dan pembinaannya.

“Potensi di Banten sangat besar, hanya tinggal kita memikirkan bagaimana kita mengembangkan potensi tersebut,” katanya. (**)

Wartawan: Sofi Mahalali
Kabiro Serang Kota: Apriadi
Editor: Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed