oleh

Gerbang Tol Merak Macet Parah, Pemudik Tertahan Sampai 3 Jam

Laporan Khusus Mudik Lebaran 2019, Badiaman Sinaga, Merak, Banten

MERAK, Tribunpos.com | Prihatin dengan nasib ribuan pemudik yang terjebak kemacetan dini hari tadi di dekat Tol Merak-Banten, hingga siang baru bisa masuk ke dalam Pelabuhan Merak.


Nasib apes ini harus ditanggung para pemudik yang hendak menyeberang dari Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten menuju Pulau Sumatera.

Antrean kendaraan terjadi sejak Kamis (30/5/2019) dini hari tadi, mengular macet parah sampai ke dalam Tol KM 94. Dipenuhi mobil pribadi yang hendak mudik ke pulau Sumatera.

Kepadatan lalu lintas di gerbang Tol Merak, sejak pukul 00.00 Wib tengah malam, menjadi patokan keramaian di Pelabuhan Merak.

Saat ini, sisa-sisa antrean sejak semalam masih terjadi di Pelabuhan Merak. Antrean hanya terjadi di kantong parkir dermaga 1,2, dan 3. Para pemudik antre untuk masuk ke dalam kapal.

Pemudik stuck di ruas jalan tol Merak KM 96. (Dok. Badiaman Sinaga, Tribunpos, Merak)

Pantauan Tribunpos.com langsung di dalam jalur Tol Merak-Tanggerang antrian didominasi kendaraan pribadi.

Ditemui saat mengantri di tengah kemacetan, Fajar pemudik dari Semarang yang akan menuju Padang, Sumatera Barat mengatakan, mereka sudah ngantri dari pukul 4 dini hari tadi. Sampai pukul 07.40 Wib masih stuck (tak bisa jalan) di ruas tol. Diprediksinya siang nanti baru bisa masuk pelabuhan.

Itu pun, kata dia, masih harus mengantre setibanya di dalam area Pelabuhan Merak sebelum dapat naik ke feri yang sandar di dermaga.

“Kami hendak ke Padang ada 3 kendaraan, saya pikir ngak macet karena masih 6 hari lagi lebaran, kalau begini bisa sampai siang hari kami masuk kapal,” katanya.

“Harusnya pemerintah segera cari solusi supaya macet di Merak tidak terus berulang seperti ini,” pintahnya.

Lasmi pemudik dari Depok hendak ke Bengkulu juga mengambil hari yang sama, berangkat mudik supaya menghindari macet, eh malah kena macet juga.

Pengamatan Tribunpos.com di lokasi kemacetan dalam tol, karena keterbatasan ketersediaan fasilitas sarana umum seperti toilet, banyak pemudik lebih memilih buang air ke kebun warga di sekitar tol. Sekali pun pemudik harus melompati pagar pembatas tol.

Situasi arus lalu lintas di Jalan Tol Tangerang-Merak mengalami peningkatan volume kendaraan. Kemacetan terjadi sepanjang 6 kilometer dari Gerbang Tol Merak.

“Benar, terjadi kemacetan dari KM 92 hingga KM 98,” ujar petugas call center Infra Toll Road Tangerang Merak, Joy Sugiarso, Kamis (30/5/2019).

Kemacetan disebabkan oleh meningkatkan volume kendaraan pada mudik Lebaran 2019. Kendaraan didominasi roda empat. Sedangkan arus lalin sebaliknya menuju Jakarta relatif lancar. (Red)

Biro Banten: Risdu Ariri
Editor: Sandi Pusaka Herman

Komentar

Headline