oleh

Eko Hendiyono Resmi Jabat Ketum HMI Cabang Palembang, PB HMI: Ini Hasil Sah Konfercab

PALEMBANG, Tribunpos.com | Setelah sekian lama Surat Keputusan (SK) pengesahan tertahan di Pengurus Besar (PB) HMI, Jumat (15/02/19), Eko Hendiyono akhirnya resmi ditetapkan sebagai Ketum HMI Cabang Palembang masa kepengurusan periode 2019-2020.

Prosesi pengambilan sumpah pelantikan pengurus HMI Cabang Palembang yang dinakhodai Eko Hendiyono dilakukan Ketum PB HMI, Arya Kharisma melalui Ketua Bidang Ekonomi Pembangunan, Hady Rusmanto.

Turut hadir Ketua Umum HMI Cabang Palembang periode 2017-2018, Arif Wicaksono, Ketua Umum Kohati periode sebelumnya, Kartika Ayu Lestari, Sekretaris Dewan Penasehat KAHMI Sumsel, Umar Husein, Direktur BPR Sumsel, Marzuki dan Tokoh Masyarakat Banyuasin M. Nasir.

Selain dihadiri para tokoh dan senior KAHMI, pelantikan yang digelar di sekretariat HMI Cabang Palembang tersebut, juga dihadiri para pengurus komisariat seperti Polsri, PGRI, Fakultas Dakwah UIN Raden Fatah, Fakultas Tarbiyah UIN RF, Fakultas Ushuluddin UIN RF, Fakultas Syariah UIN RF, Unsri Palembang, Unsri Indralaya dan komisariat YPP Prabumulih. Hadir juga lembaga profesional LKMI HMI, PMII, PMKRI dan GMKI.

Hady Rusmanto dalam sambutannya menegaskan, bahwa Eko Hendiyono adalah Ketua Umum HMI Cabang Palembang yang sah secara konstitusi karena terpilih di forum Konfercab.

“Saudara Eko ini sah dan legal menjabat Ketum HMI Cabang Palembang, karena hasil Konfercab resmi,” ucapnya di sela-sela pelantikan.

Eko Hendiyono, Ketum HMI Cabang Palembang masa kepengurusan periode 2019-2020.

Sementara Ketua Umum HMI Cabang Palembang terpilih, Eko Hendiyono menyampaikan, pelantikan ini merupakan proses titik balik dari segala permasalahan yang ada di tubuh HMI Cabang Palembang. “Selain itu akhirnya terbukti bahwa kebenaran masih menjadi pemenang,” ujarnya disambut teriakan dan tepuk tangan yang hadir.

Sekedar untuk diketahui, pada rapat pleno Konfercab ke-55 HMI Cabang Palembang yang dilaksanakan mulai dari tanggal 28 September – 05 Oktober 2018 di Gedung YPU HMI Cabang Palembang. Pleno 1-3 berjalan lancar, tapi saat masuk pleno 4 terjadi pergantian presidium sidang 2, dikarenakan tidak ada kabar menurut keterangan Satgas yang bertugas.

Memasuki proses pemilihan, sebagai syarat menjadi calon yang awalnya minimal rekomendasi 3 komisariat diubah sesuai kesepakatan forum menjadi 5 komisariat.

Proses pencalonan yang dihadiri 13 komisariat penuh dari total 15 komisariat dan 3 komisariat peninjau, menghasilkan satu nama yaitu Eko Hendiyono yang otomatis terpilih secara aklamasi sebagai Formatur Ketua Umum HMI Cabang Palembang pada dini hari itu.

Namun selang beberapa jam beredar berita deklarasi kemenangan atas nama Sigit Muhaimin yang hanya dihadiri oleh 4 komisariat.

Pengajuan Berkas di PB HMI

Pada tanggal 13 Oktober 2018, Formatur Ketua Umum HMI Cabang Palembang bersama ketua Satgas memberikan berkas hasil Konfercab HMI Cabang Palembang kepada PB HMI melalui Bidang PAO yang diwakili oleh Irfan.

Dalam perjalanannya berkas HMI Cabang Palembang ternyata tidak pernah dibahas oleh PB HMI, karena tertahan kepentingan salah satu oknum senior Cabang Palembang di MPK PB HMI.

Permasalahan PB HMI

MPK PB HMI pada 10 Januari 2019, telah mengeluarkan keputusan hasil sidang, bahwa Respiratori Sadam Al-Jihad dicopot jabatannya sebagai Ketua umum PB HMI periode 2018-2020 dan mengangkat Saudara Arya Kharisma sebagai PJS Ketua Umum.

Respiratori Sadam Al-Jihad dinyatakan sah dan terbukti bersalah telah melakukan tindakan asusila dengan dibuktikan oleh bukti-bukti serta keterangan korban secara langsung. Respiratori Sadam Al-Jihad bukan hanya mencoreng nama baik organisasi namun merendahkan harkat martabat Himpunan Mahasiswa Islam yang dikenal dengan azas Islamnya.

Putusan Liar Mengatasnamakan PB HMI

Pada 6 Febuari 2019 secara tiba-tiba berkas Cabang Palembang dibahas oleh PB HMI atas nama Sadam yang sudah jelas bahwa Sadam bukan lagi Ketua Umum PB HMI.

Anehnya, pada rapat harian tersebut disahkan Sigit Muhaimin sebagai Ketum HMI Cabang Palembang, yang sebenarnya sangat bertentangan dengan konstitusi dikarenakan Konfercab HMI Cabang Palembang menghasilkan Formatur Ketua Umum atas nama Eko Hendiyono. (**)

Editor : Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed