oleh

Dinas PUPR Bangun Jembatan Gantung Rangka Baja Pertama di OKU Selatan, Disambut Gembira Masyarakat

Laporan: Novi Irawan/ Wartawan Tribunpos OKU Selatan, Sumsel

TRIBUNPOS, MUARADUA I — Pembangunan Jembatan Gantung Lubuk Air Sulam Desa Kagelangan dan Desa Blambangan, Kecamatan Buay Runjung, OKU Selatan menuai apresiasi. Masyarakat menyambut gembira pembangunan proyek jembatan gantung rangka baja pertama di Kabupaten OKU Selatan tersebut.


Nasarudin salah satu warga sekitar yang tinggal di lokasi tempat project jembatan itu dibangun saat ditemui Tribunpos menceritakan, pembangunan jembatan ini telah lama diharapkan warga.

Karena akses penyeberangan sehari-hari milik warga untuk menuju ke kebun masyarakat tersebut, selama ini hanya dibuat dari bambu sebagai lantainya, dengan tiang yang dicor secara seadanya.

”Kalau musim penghujan air sulam meluap, jembatan akan hanyut terbawa arus sungai. Sehingga akses warga desa untuk menuju kebun mereka jadi sangat terganggu. Sedangkan, mayoritas masyarakat desa Blambangan, dan khususnya masyarakat desa Kagelangan mengunakan jembatan ini sebagai akses penyeberangan menuju perkebunan mereka,” ungkapnya.

Dia mengutarakan, dengan adanya pembangunan jembatan gantung ini warga merasa sangat terbantu.

“Memang telah lama kami mengharapkan pembangunan jembatan yang layak sebagai tranportasi penyeberangan menuju perkebunan,  maupun dalam mengakut hasil panen sebagai sumber pendapatan masyarakat, dan juga sebagai akses penghubung ke desa tetangga yaitu Desa Sugiwaras,” tambahnya.

Menurutnya, pembangunan jembatan gantung ini merupakan yang pertama kali dibangun dan bakal menjadi percontohan di Kabupaten OKU Selatan.

”Tentunya, kami sebagai masyarakat merasa bangga dan berterimakasih kepada Pemerintah Daerah OKU Selatan, merespon keluhan masyarakat dalam mewujudkan pembangunan yang berkualitas,” jelasnya dengan semangat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Kabupaten OKU Selatan, A Farid Effendi melalui Kepala Bidang Bina Marga Armada Sazuri didampingin PPTK kegiatan Agun Suprapto membenarkan pembangunan Jembatan Gantung Lubuk Air Sulam Desa Kagelangan Blambangan kecamatan Buay Runjung ini merupakan, pembangunan Jembatan Gantung yang pertama kali direncanakan dan dibangun di Kabupaten OKU Selatan berkualitas Perfect.

Proyek ini dikerjakan oleh CV. Sehelongan dengan nomor Kontrak : 333/ KTR/KPA/BM/PU-PR/APBD-Bangub/OKUS/2021. Dengan nilai kontrak: Rp 1.094.953.736.93.

Adapun tahap I team pekerjaan bentang panjang 60 meter, berlantaikan Plat Bordis Baja tebal 3 mili meter (mm), Gelagar melintang dan memanjang menggunakan baja profil dan H Beam baja, serta pasangan Tiang Beton bertulang Tinggi 3,5 meter dan pemasangan Abutment 7 meter, yang berpungsi untuk menahan seluruh beban hidup dan mati pada kontruksi Jembatan itu.

”Semoga saja, apa yang telah diberikan dan dikerjakan Pemerintah daerah ini. Bisa bermanfaat dan dapat membantu mempelancar akses pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat Desa Blambangan dan Kagelangang dalam mengelola sumber pertanian melintasi pembangunan jembatan ini.” tutupnya. (Iwan)

Editor: Sandi Pusaka Herman Timur

Komentar

Headline