oleh

Dikenal Kades Kalem, Sonhaji Sukses Membangun Desa

Laporan Wartawan : Novi Irawan, Tribun Pos OKUS, Sumsel

TRIBUN POS, OKUS || Santun dan ramah, itulah yang tergambar ketika bertemu dengan kepala desa Mekar Jaya kecamatan Buay Pemaca, Sonhaji HS Susilo yang merupakan kepala desa yang dekat dengan masyarakat dan sukses membangun desa.


Desa Mekar Jaya terletak diperbukitan Oku Selatan, dengan luas wilayah 2.200 meter persegi, dihuni sekitar 750 kepala keluarga (kk). Sedangkan sumber kehidupan Masyarakat sekitar sebagian besar sebagai petani karet, kopi dan kelapa sawit.

Selain itu, Pembangunan  infrastruktur dan pelayanan publik terus dilakukan hingga saat ini, mulai dari pengelolahan pembangunan pasar desa, puskesdes untuk akses kesehatan warga desa dan pembangunan TK/Paud tempat belajar anak usia dini.

Untuk program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) dilakukan pembangunan sumber air bersih untuk kehidupan warga desa, serta pengelolaan dana desa telah dilakukan pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan talud penahan tanah, ditambah pembangunan jembatan penghubung yang sudah terpasang disetiap dusun Mekar Jaya.

Menurut Karli warga desa Mekar Jaya mengatakan dalam setiap perencanaan pembangunan, “disesuaikan aspirasi masyarakat serta peraturan yang berlaku,” katanya. (red)

 

Wartawan : Novi Irawan
Editor : Putri

Komentar

Headline