oleh

Diduga Tak Netral, Ketua Panwaslu OKI Dilaporkan Paslon Azhari–Qomarus ke Bawaslu

Aktifitas di kantor Panwaslu Kabupaten Ogan Komering Ilir. (Dok. Istimewa)
Laporan Wartawan : Sandi Pusaka Herman / Kayu Agung, OKI

TRIBUNPOS.COM, KAYU AGUNG — Tim kuasa hukum pasangan calon (paslon) Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) nomor urut 3 Azhari Efendi–Qomarus Zaman melaporkan oknum ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten OKI ke Bawaslu Provinsi Sumsel, Rabu (13/6/2018) lalu.

Pelaporan dilakukan karena ketua Panwaslu OKI dianggap berpihak pada salah satu calon dari Incamben.

Tak cukup sampai disitu, kuasa hukum nomor urut 3 yang terdiri dari Hendra Jaya, A Wili Marfi, Deby Y dan Ferlian Happy Saputra juga membawa kasus tersebut ke Bawaslu Pusat serta DKPP RI pada esoknya Kamis (14/6/2018) kemarin.

Dalam laporannya, oknum FM yang tak lain adalah ketua Panwas OKI diduga tidak netral dalam tugas sebagai penyelenggara Pilkada.


“Kami telah melaporkan ketua Panwas Kabupaten OKI ke Bawaslu Provinsi dan Pusat atas dugaan ketidaknetralannya pada Pilkada OKI,” kata Hendra Jaya dalam rilis yang diterima Tribunpos.com.

Diungkapkan Hendra, bahwa ketua Panwas OKI pernah main ke rumah paslon nomor urut 1 dan juga pernah melakukan kontak telpon tujuannya ke paslon incamben tetapi salah alamat.

“Pada 8 Juni kemarin, oknum FM (Ketua Panwas OKI) menelpon ke ketua tim paslon nomor urut 3 yang isinya minta THR dan menyatakan bahwa ia telah menemui pasangannya yaitu Paslon nomor urut 1” bebernya.

Dikatakan Hendra, sikap ketua Panwaslu OKI ini jelas melanggar kode etik penyelenggaraan Pemilu. Menurutnya, Panwaslu sebagai penyelenggara Pilkada seharusnya bertindak netral dan tidak berpihak kemana pun sesuai dengan Perundang-undangan Pilkada.

Lebih jauh Hendra menjelaskan, pihaknya juga melaporkan beberapa oknum pejabat ASN di lingkungan Pemkab OKI yang ditengarai terlibat mendukung Paslon incamben nomor urut 1. Pejabat yang dimaksud diantaranya berinisial HD Kabag Pemerintahan, TH Kepala Dinas Transmigrasi, DU Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan FR salah satu staf ahli Pemkab OKI.

Sampai berita ini diturunkan, Panwaslu OKI belum bisa dimintai konfirmasi. (Tribun Politik)

Editor : Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed