oleh

Diduga Program Replanting Sawit di Kecamatan Bunga Mas Tidak Sesuai Dengan Mekanisme

Laporan Wartawan : Hamdani, Tribun Pos Bengkulu Selatan

TRIBUN POS, BENGKULU SELATAN I Kouta lahan replanting sawit seluas 1500 hektar meter persegi yang didapatkan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan tahun 2021, Kecamatan Bunga Mas terdapat 171 hektar yg masuk replanting tahap 1, yang terbagi 10 Desa. Diduga banyak kecurangan, terutama di Desa Padang Jawi yang pernah dibahas oleh petani masalah replanting sawit dan diduga kuat indikator penyelewengan dana bantuan pemerintah kepada petani sawit sebesar Rp. 30 juta/hektar. Jumat (30/07/2021).


Berdasarkan dari narasumber beberapa orang petani kepada awak media, banyak di lapangan ditemukan lahan yang menjadi tempat replanting tidak ada batang sawit, alias semak belukar dan lahan perkebunan karet warga.

Dari awak media juga turun langsung bersama petani untuk verifikasi tentang keluh kesah petani, banyak kejanggalan di lapangan tentang pengolahan proyek replanting, seperti bibit yang kurang, kawat yang kualitas rendah, kayu pancang cuma 150 batang/hektar dan juga pengerjaan penggarapan lahan yang terkesan asal-asalan.

Dilihat dari hasil pekerjaan tebang CPCL, pembuatan teras di lahan yang miring, dan hasil  junder pengemburan tanah yang tidak baik atau boleh di katakan asal jadi yang penting ada tanda pengemburan tanah.

Disamping itu, juga para petani memintah penjelasan tentang dana bantuan yang di kelolah secara subsidi silang.

Banyak petani sawit di Desa Padang Jawi yang tidak banyak bicara, namun ada petani yang tidak mau disebutkan identitasnya mengatakan bibit kurang, pengemburan tanah yang asal-asalan, pancang 150 batang/hektar, dana yang di subsidi silangkan tidak transparan, “lahan miring yang di teras pengerjaan asal-asalan banyak juga yang ada sawitnya tidak ditebang padahal masuk replanting,” ujar petani.

Dengan di terbitkan berita keluh kesah petani Desa Padang Jawi, Kecamatan Bunga Mas, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, dengan harapan petani sawit semoga dari pihak instansi terkait bisa menyikapi agar dengan kekurangan sesuai dengan program yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat.

Namun eronisnya lagi ketika awak media konpermasi lewat akun watsaf Jum’at (30/07/2021) dengan Ketua Kelompok Replanting Sawit yang di Kecamatan Bunga Mas. Dodi stiwan hanya pasrah, mau dipublikasikan, “bagi saya tidak jadi masalah,” tutupnya (red)

Wartawan : Hamdani
Editor : Putri

Komentar

Headline