oleh

BPKB Hilang, Masyarakat Tak Usah Bingung! Kini Samsat Siap Layani Pembuatan Duplikatnya

Laporan Wartawan : Ocha, Tribun Pos Palembang, Sumsel.

TRIBUN POS, Palembang II Bagi masyarakat yang kehilangan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), ternyatanya Samsat memberikan syarat-syarat pembuatan duplikat asal pemiliknya membuat/menyertakan surat pernyataaan kehilangan kepolisian atau instansi terkait.


Hal tersebut diungkapkan oleh, Kepala UPTB Samsat wilayah Palembang IV melalui Kasubbag TU Ibrahim yang didampingi Kasie Penetapan, pembukuan dan Pelaporan Komaruddin Saleh, saat diwawancarai di kantornya  Jalan Brigjen Hasan Kasim no 23-24 Komplek Basilica Palembang, Kamis (15/6/2021).

Jelasnya, saat ini, banyak pemilik kendaraan melaporkan kehilangan surat BPKB Kendraan, hal itu diketahui ketika mereka melakukan kepengurusan pajak lima tahun.

” Banyak memang yang mengurus duplikat BPKB saat pengurusan pajak lima tahun, asal syaratnya lengkap. Kalau BPKB kendaraan bermotor hilang, maka akan sulit diperjualbelikan karena orang yang akan membeli kendaraan kita ragu dan mungkin akan takut jangan jangan kendaraan ini bodong, ” katanya

Selain itu, apabila BPKB kendaraan hilang, yang harus  dilakukan adalah melaporkan kehilangan surat tersebut pada pihak kepolisian setempat, cek fisik kendaraan tersebut di Samsat terdekat, Photo kendaraan, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan menayangkan laporan kehilangan di media selama 6 bulan.

“Apabila sudah lengkap semua, baru diajukan pembuatan duplikat BPKB di Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan bukan di Samsat. Dan diperkirakan untuk pembuatan duplikat BPKB tersebut membutuhkan waktu antara 6 hingga 9 bulan,” ulasnya.

Harapannya, agar masyarakat meminta berhati-hati jika membeli atau meleasingkan BPKB yang sudah cukup terkenal atau sudah lama bertransaksi di masyarakat. (red)

 

Wartawan : Ocha
Editor : Putri

Komentar

Headline