oleh

Persiapan Arus Mudik 2018, Dirjend Hubdar Kemenhub Gelar Rapat Bersama Instansi Terkait di ASDP Merak

Dirjen Hubungan Darat (Hubdar), Budi Setiady beserta rombangan dari Kementrian Pernah (Kemenhub) saat baru tiba di ASDP Merak, Selasa (22/5/2018). (Dok Foto: Badiamin Sinaga)
Laporan Wartawan Tribun Pos : Badiamin Sinaga / Merak Cilegon

TRIBUNPOS.COM, MERAK — Bertempat di aula ASDP Merak, Selasa (22/5/2018) diadakan rapat koordinasi persiapan arus mudik 2018 langsung dipimpin oleh Dirjen Hubungan Darat (Hubdar), Budi Setiady beserta rombangan dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub).

Pantauan Tribunpos.com kemarin, rapat dimulai pukul 15:30 Wib diikuti instansi terkait dari KSOP, BPTD, Dishub Banten, Polda Banten, Gapasdap dan INFA.

Rapat tertutup itu selesai sekitar pukul 17:40 Wib dilanjutkan buka bersama.


Budi Setiyadi selaku Dirjen Hubda mengatakan kepada awak media, bahwa melaksanakan arus mudik tahun ini siap bahkan mengkalim sudah 90 persen persiapannya oleh pihak ASDP.

Dikatakan Budi secara administrasi pelabuhan Merak siap penampung para pemudik.

“Pelabuhan Merak – Bakauheni sudah siap atasi musim mudik 2018 tampung masyarakat yang akan mudik dari Jawa ke Sumatera maupun sebaliknya,” katanya.

“Dari sisi kesiapkan kapal, saat ini semuanya ada sekitar 60 kapal akan melayani masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan mudik tahun 2018. Kemudian dari sisi dermaganya baik di Merak maupun Bakauheni juga sudah siap,” jelasnya.

Budi juga menyinggung soal harapannya supaya masyarakat mudik jangan menggunakan roda dua.

“Sesuai arahan pak Mentri Perhubungan diminta kepada pemudik tahun ini jangan menggunakan transportasi roda dua,” ucapnya kepada awak media.

Kalau pun terpaksa mereka harus membawa roda dua. “Kita sudah siapkan di area timbangan dijadikan buat istirahat dan cek kondisi motor dan bahkan disediakan jasa urut,” ungkapnya.

Terkait dengan pengaman lanjut Budi, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan instansi kepolisian.

“Dari sisi pengamanan, pihak kepolisian tadi melakukan penekanan menyangkut isu ancaman terorisme. Itu juga akan diantisipasi dengan baik,” tambahnya.

Hasyir Muhammad selaku Ketua Asosiasi DPC INFA Merak Bakauheni berharap angkutan lebaran tahun 2018 ini semua dermaga Merak – Bakauheni sudah betul betul siap.

“Demikian juga said ramp yang ada juga dapat dioperasikan, untuk mendukung kelancaran arus mudik lebaran tahun ini,” pungkas Hasyir kepada Tribunpos.com. (Red)

Editor : Sandi Pusaka Herman

Komentar

Headline