oleh

Alhamdulillah Titik Api di Jambi Mulai Turun

Laporan Berita Wartawan Tribun Pos, Waluyo dari Jambi

JAMBI, Tribunpos.com | Titik api atau dikenal hotspot di Propinsi Jambi mulai pagi hingga berita ini dimuat sudah mulai menurun. Menurunnya titik api dikarenakan kota seberang (red- Sebutan Jambi) diguyur hujan dalam sepekan ini.

“Saya pribadi beserta semua masyarakat Jambi bersyukur atas turunnya hujan, yang membawa dampak baik dengan menurunnya titik api,” kata Taufiq Bukhari, Kabid Pelindungan dan KSDAE Dinas Kehutanan Provinsi Jambi kepada Waluyo dari Tribunpos.com di kantornya, Jum’at (27/11/19).

Menurut dia, sudah beberapa hari Jambi diguyur hujan. “Alhamdulillah, asap dan titik api sekarang ini menurun sehingga aktivitas warga Jambi pun meningkat, ” ujar Taufiq.

Ia mengaku, pihaknya intens lakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan melalui kegiatan sosialisasi, himbauan, termasuk membentuk MPA (Masyarakat Peduli Api) serta Pelatihan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar kepada masyarakat.

“Termasuk penegakkan hukum terhadap pelaku pembakar hutan baik itu yang melibatkan per-orangan maupun korporasi, juga kami tindak tegas,” ungkap Taufiq.

Hal ini bisa dibuktikan, lanjut dia, bahwa di tahun 2019 pihaknya bekerjasama Dirjen Gakkum (Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI) sudah ada beberapa perusahaan sedang dilidik.

Ditanya apakah pelaku kebakaran hutan di Jambi ini dari perorangan atau korporasi, menurut Taufiq sedang dilakukan penyelidikan karena ada juga yang terkait izin konsesi perkebunan, dan ini bukan domain dinas kehutanan.

“Dan, yang pasti Polri sudah tetapkan 2 perusahaan jadi tersangka,” terangnya.

Sedangkan untuk perorangan, kata Taufiq ada satu orang, dan sudah masuk tahap P21 di Kejari Sorolangun. “Tinggal tunggu di persidangan saja,” tutup Taufiq. (*/Red)

Wartawan: Waluyo
Editor: Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed