oleh

41 Calon Komisi Informasi Sumsel Jalani Tes Tertulis

Laporan Wartawan Tribun Pos, Kaka Kertajasa, Palembang, Sumsel

PALEMBANG, Tribunpos.com | Sebanyak 41 calon Komisi Informasi Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (3/7/2019) ikut menjalani tes tertulis yang diselenggarakan Tim Seleksi (Timsel) di Aula Putri Kembang Dadar, BPSDM Bukit Siguntang, Palembang.

Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Sumsel, Prof DR H M Edwar Juliartha MM yang juga ketua timsel langsung membuka acara tes tertulis tersebut.

Kepala Sekretariat Panitia Seleksi calon anggota Komisi Informasi, Amrullah SSTP MSi sekaligus Kabid Pengelolaan Informasi Publik (PIP) Diskominfo Pemprov Sumsel mengatakan, usai menjalani tes tertulis, peserta tes selanjutnya akan dilakukan psikotes dan wawancara untuk menghasilkan 15 nama yang akan dikirim ke DPRD.

“Setelah tahapan tes tertulis selesai, psikotes dan dinamika kelompok, wawacara dan penulisan makalah,” kata Amrullah kepada Tribunpos.com di sela waktu tes tertulis.

Kasek Panitia Seleksi calon anggota Komisi Informasi, Amrullah SSTP MSi.

Dijelaskan Amrullah, 15 orang yang dipilih dari timsel akan diserahkan ke Gubernur untuk diserahkan ke DPRD Provinsi.

Di Komisi I DPRD akan dilakukan fit and proper test untuk dipilih 5 orang sebagai komisioner Komisi Informasi yang baru. “Ada 10 sampai 15 nama yang diserahkan ke dewan nanti,” ujarnya.

Komisi I akan mempertimbangkan dan melakukan penilaian ulang untuk menentukan 5 orang yang direkomendasikan menjadi komisioner Komisi Informasi.

Setelah itu, lima nama tersebut akan kembali diserahkan ke Gubernur untuk disetujui menjadi komisioner Komisi Informasi yang baru. “Nanti diserahkan lagi ke gubernur untuk disetujui,” ucapnya.

Seperti diketahui, 41 orang yang lolos seleksi administrasi itu berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari kalangan swasta, PNS, pensiunan PNS, wiraswasta, advokad, wartawan, guru, dosen, mantan kepala dinas, mantan pimpred, mantan KPID, anggota PPK, komisioner Komisi Informasi aktif, honorer, pembina yayasan hingga ibu rumah tangga. Semua akan bersaing ketat untuk mendapatkan nilai terbaik. (Red)

Editor: Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed