oleh

18 Desa di OKU Selatan Dapat Hibah Proyek Pembangunan Air Minum dan Sanitasi Perdesaan

Laporan: Wartawan Novi Irawan/ OKU Selatan

TRIBUNPOS, OKU SELATAN – Sebanyak 18 desa di Kabupaten OKU Selatan, Sumatera Selatan, mendapatkan bantuan Hibah pembangunan sarana Air Minum dan Sistem Pengelolan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S) perdesaan tahun 2021.

Program Hibah Air Minum Perdesaan itu bertujuan untuk meningkatkan cakupan pelayanan air minum perpipaan di kawasan perdesaan dalam rangka meningkatkan derajat kualitas kesehatan masyarakat.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU-PR) Kabupaten OKU Selatan, A. Farit Effendi melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kegiatan Sahrul Nizom mengatakan, untuk tahun ini yang mendapatkan Hibah Air Minum (HAM) perdesaan terdiri dari delapan (8) desa, sedangkan untuk pembangunan sarana Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S) ada sepuluh (10) desa.

Dikatakannya, adapun yang menentukan layak atau tidaknya suatu daerah (Desa) untuk mendapatkan program pembangunan HAM maupun SPALD-S, yaitu team dari Kementerian PU/PR melalui konsultan perencana pembangunan berdasarkan usulan dari pemerintah daerah melalui desa yang mengusulkan pembangunan tersebut.

“Terutama untuk Hibah Air Minum (HAM) perdesaan, dititik beratkan desa yang sudah ada sumber air dan pengelolaanya sudah baik, maka akan diprioritaskan untuk mendapatkan penambahan pengembangan jaringan guna mencukupi kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan suplai Air minum, ” ungkapnya.

Sementara untuk program SPALD-S bertujuan sebagai kesehatan masyarakat,  dalam melakukan pembuangan air limbah rumah tangga, agar tidak mengalir secara sembarang. Kemudian, sisa dari pengelolan air limbah, melalui bak penampung bisa dimanfaatkan untuk sistem pertanian, dan perkebunan.

“Diharapkan, kepada KSM dan KKM beserta masyarakat sebagai penerima manfaat dari program yang diberikan pemerintah, tolong dijaga dan dipelihara, agar dapat dimanfaatkan sebesar – besarnya untuk kepentingan bersama, dan bagi desa yang telah mendapatkan program dari pemerintah ini semoga bisa dapat mengembangkanya dengan baik,” jelasnya. (red)

Editor: Sandi Pusaka Herman Timur

Komentar

Headline