oleh

​BPTD Wilker VIII Banten Resmi Berkantor di Terminal Terpadu Merak, Janjikan Banyak Perubahan

Terminal Terpadu Merak, Cilegon, Banten. (Foto: Istimewa)

Laporan Wartawan : Badiamin Sinaga / Merak Banten

TRIBUN POS, MERAK — Ada pemandangan yang berbeda di area Terminal Terpadu Merak (TTM) Banten, Kantor Balai Pengawasan Tranportasi Darat (BPTD) Wilayah Kerja VIII yang selama ini berkantor di luar terminal. Kini, sudah menempati salah satu ruang di TTM. Sontak kondisi ini membuat terminal Merak semangkin tertib dan teratur.

Saat wartawan Tribunpos menyambangi Kantor BPTD yang baru, Jonny Siagian Kepala BPTD Wilker VIII mengatakan, sudah seminggu lebih institusinya berkantor di TTM.

“Saya hanya melakukan efesiensi, selama ini BPTD masih menyewa, dan kebetulan di TTM ini kan sudah kelas I, yang menjadi pengawasan kantor balai, dan saya berpikir karena masih luas dan banyak ruang bangunan terminalnya yang kosong, maka saya manfaatin untuk memakai salah satu ruangan sebagai kantor BPTD,” ujar Siagian.

Jonny Siagian Kepala BPTD Wilker VIII Banten

Dikatakannya, ke depannya pihaknya akan memerintahkan Satpel (Kepala Terminal) untuk membangun beberapa titik untuk sinkronisasi dengan pihak ASDP Merak. Salahsatunya membuat Tollgate (Pembelian Tiket Kapal) di area Terminal Terpadu Merak yang langsung terintregrasi menuju ke kapal khususnya Dermaga VI yang akan dijadikan Dermaga kelas Premium.

“Insyaallah tahun 2019 pembuatan Gangway sudah terlaksana. Intinya kami buat ini agar penumpang di terminal itu betah dan nyaman,” ungkap Jonny Siagian.

Dia menambahkan, dalam waktu dekat ini akan membuat halte khusus kedatangan bus, sebelum bus bus itu melanjutkan perjalanan ke pulau Sumatera.

Di tempat yang sama Kepala Terminal Terpadu Merak, Sugio mendukung sekali kantor BPTD ada di area terminal. Alasan Sugio untuk memacu etos kerja pegawai, dan lebih memudahkan sinergi kerja antara pegawai BPTD dengan Sat Pel Terminal.

“Dengan adanya kantor BPTD pindah ke terminal, maka kami akan kerja keras menata terminal ini menjadi lebih baik lagi. Terutama dari segi pelayanan, keamanan dan fasilitas. Apalagi beberapa bulan lagi akan tiba musim mudik di lebaran, dari sekarang kami kebut mana yang paling penting dibuat,” tutur Sugio.

Sriyuni salah seorang penumpang mengutarakan, “Saya melihat banyak perubahan di terminal Merak ini, sudah tidak banyak lagi gelandangan, dan preman. Saya berharap petugas terminal bekerja dengan baik. Itu harapan saya.” ungkapnya sambil menunggu bus yang akan ia tumpangi. (Tribun Pos)

Editor : Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed