oleh

Pemudik Keluhkan Pelayanan di Pelabuhan Ajibata Tobasa Macet Parah, Antrian Sampai Puluhan Jam

-Medan-188 views

TOBASA, TRIBUNPOS.COM | Suasana Natura tahun 2019 -2020 tampak yang paling mengalami kepadatan kendaraan adalah Pelabuhan Ajibata, pelabuhan yang hanya dilayani 2 unit Kapal KMP HIANBATAK dan KMP Pora-Pora, beberapa hari ini berusaha keras untuk mengurai kemacetan dimana volume kendaraan yang cukup tinggi.

Terpantau Jumat (27/12/19), penumpukan kendaraan sudah di luar area pelabuhan Ajibata. Bahkan petugas memberi nomor urut untuk mempermudah kendaraan ketika saat mau membeli tiket.


Kondisi seperti ini memicu protes para pengguna jasa, pemerintah dalam hal ini kementerian perhubungan lamban mengantisipasi situasi yang akan terjadi.

Salah seorang pemudik, sebut saja Bapak Aloho mengatakan, sebenarnya pemerintah harus sigap memprediksi dan mengatasi terjadinya lonjakan kendaraan.

“Info katanya ada kapal 2 yang beroperasi, tapi ternyata di pelabuhan yang beroperasi hanya satu kapal,” ujarnya kesal.

Aloho meminta Pihak BPTD Sumut dan ASDP Ajibata selaku operator menjawab persoalan ini.

“Harusnya BPTD dan ASDP Ajibata bisa menjawab persoalan ini, kami dari pagi sudah antri dan informasi kondisi antri kami akan bisa menyebrng sore hari ke Pelabuhan Ambarita Kabupaten Samosir,”  ucapnya.

Munthe, pemudik lainnya dari Pulau Jawa juga berkomentar,  seharusnya pihak terkait sudah tahu akan terjadi lonjakan, sehingga bisa mengantisipasi situasi jauh hari sebelumnya.

“Saya kasih perbandingan di Pelabuhan Merak-Bakauheni yang begitu lancar. Di Ajibata ini sudah seharian masih belum juga menyeberang,” kata Munthe.

“Kalau informasi cepat kita dapat, mungkin kita bisa alternatif jalan bisa lewat jalur Tele-Pangururan,” pungkasnya. [*]

Penulis: Badia Sinaga

Komentar

News Feed