oleh

Meski Belum Punya Dojo Sendiri, Sambo Palembang Tetap Optimis Persembahkan Medali di Porprov 2021 Sumsel

TRIBUNPOS, PALEMBANG  – Meski terbilang baru dan belum memiliki dojo (tempat latihan), cabang olahraga beladiri modern Sambo yang tergabung dalam Pengkot Persambi (Persatuan Sambo Indonesia) Kota Palembang optimis mampu mempersembahkan medali pada Porprov 2021 Sumsel yang akan berlangsung 21-28 November 2021 di OKU Raya.

“Target kita mempersembahkan satu medali emas dan dua medali perak pada Porprov XIII OKU Raya nanti,” ungkap Head Coach Irwanto SPd MM di sela-sela memberikan materi latihan di Lapangan Atletik Luar JSC, Rabu (8/9/2021).


Dikatakan Irwanto, untuk TC Sambo Kota Palembang ini diikuti 3 atlet.

Yakni Juliansyah (combat), Husnul Yakin (combat), dan Windio Saputra (Sport).

Irwanto menangani untuk pelatih nomor combat.

Sedangkan untuk pelatih nomor Sport dipegang Kuwanto SPd.

“Kita optimis medali walaupun kita cabor baru dan kami menyadari bahwa secara fasilitas kami belum punya. Kami masih menumpang latihan. Tapi dengan SDM yang ada, kami yakin bisa mempersembahkan medali buat kontingen Kota Palembang,” kata Irwanto.

Irwanto yang selama ini dikenal juga sebagai pelatih wushu mengatakan untuk sementara TC Cabor Sambo Palembang ini latihan di Lapangan Atletik Luar JSC pada hari Senin-Jumat pukul 06.30-08.30.

Terkadang juga menumpang di GOR Ranau JSC Palembang.

Kemudian latihan fitnes di Sport Science JSC Palembang.

Kemudian sparing dengan atlet bela diri yang berbeda di Kick & Fun Champ di Jl Kijang Mas (Demang Lebar Daun).

Dijelaskannya, untuk Sport Sambo, lebih mengarah fokus bantingan bantingan dan kuncian.

Sedangkan Combat Sambo lebih dominan pada tendang, pukulan, banting, dan kuncian.

“Dia bukan menilai tendangan atau pukulan yang masuk. Tapi efek dari tendangan dan pukulan tersebut yang membuat lawannya terjatuh itu poin buat dia,” terang Irwanto.

Diakuinya, banyak yang dibutuhkan untuk memajukan olahraga Sambo ini terutama sarana.

Apalagi bela diri ini melakukan bantingan kuncian sehingga sangat memerlukan matras yang merupakan kebutuhan mendasar.

“Untuk itu kita butuh tempat latihan permanen. Dengan kondisi sekarang kami tidak pakai alat kan karena kita keterbatasan itu. Ke depan kita harapkan perhatian dari KONI, kepengurusan dan donatur agar kita punya sarana yang layak,” bebernya.

Irwanto menyatakan optimis dengan kemampuan atlet Sambo Kota Palembang yang memiliki basic dari boxing, kungfu, wushu, gulat.

Untuk diketahui Sambo ini berasal dari negara Rusia dan di Indonesia kepengurusannya baru terbentuk.

Untuk PON Papua kita Sambo ikut eksebishi. Nanti PON yang di Aceh Medan 2024 baru ikut resmi. Pada SEA Games lalu atlet Sambo meraih empat medali emas.

“Kami juga menyiapkan tim Sumsel pada Pra PON 2023 untuk persiapan PON Aceh dan Medan,” pungkasnya. (**)

Editor Berita: Sandi Pusaka Herman Timur

Artikel ini telah tayang di Sripoku.com dengan judul Sambo Palembang Optimis Persembahkan Medali di Porprov 2021 Sumsel, Meski Belum Punya Dojo Sendiri, https://palembang.tribunnews.com/2021/09/08/sambo-palembang-optimis-persembahkan-medali-di-porprov-2021-sumsel-meski-belum-punya-dojo-sendiri.
Penulis: Abdul Hafiz | Editor: RM. Resha A.U

Komentar

Headline