oleh

Empati Kepada PKL , Kapolres Arahkan PD Pasar Koordinasi Kepada Walikota

TRIBUNPOS PALEMBANG ꟷ Pada musyawarah yang dihadiri oleh berbagai elemen antara lain pihak PD Pasar Palembang Jaya, Kapolsek Ilir Timur I, rekan – rekan Aktivis dan Media, Kapolresta Palembang, Anom Setiadji, S.I.K menyampaikan beberapa hal untuk kebaikan bersama. Minggu (12/07/20).

Diketahui Pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di pelataran halaman Pasar Km 5 sudah 4 hari tidak dapat melakukan aktifitas mereka menggelar barang dagangannya. Diharapkan sebuah konsep penataan tempat PKL di Pasar Km 5 tersebut hari ini didiskusikan dan diharapkan lebih lanjut dibawa ke Walikota melalui pihak Perusahaan Daerah (PD) Pasar Palembang Jaya.


Dalam penuturannya, Kapolrestabes Palembang mengatakan bahwa tugas Polri ada 3 (tiga) yaitu; Melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat, selain memelihara keamanan dalam negeri dan menegakkan hukum.

Terkait Pasar Km 5 menurut beliau sangat tidak pantas apabila masih macet di sana karena Palembang adalah kota besar. Menanggapi keluhan Nurbaya, ketua paguyuban PKL Pasar Km 5 dan Syahril salah satu PKL yang hadir dalam musyawarah, Kapolrestabes mengatakan “Kalau ada aturan untuk berdagang di sana silahkan, asal jangan melanggar,” ucap Kapolresta.

“Minta dua baris untuk berdagang silahkan ke PD Pasar dan Walikota, kalau memang ada aturannya,” imbuhnya.

Masih kata Kapolres “Karena sudah puluhan tahun berdagang, harusnya saling memikirkan agar bisa saling memikirkan. Solusi yang terbaik dan usahakan tidak melanggar peraturan”.

“Masalah lahan parkir agar tidak ada keributan, dan kami siap menyelesaikannya. Sama – sama kita awasi dan kelola dengan baik. Himbauan untuk PD Pasar, untuk pedagang fungsikan kembali agar pedagang bisa tetap berdagang yang berkeadilan. Silahkan kewenangan PD Pasar”, urai Kapolresta.

Dalam kesempatan ini, Dirut PD Pasar Palembang Jaya mengatakan bahwa ada tempat di atas yang kosong, yang bisa digunakan untuk para pedagang. “Solusi penataan di depan ada spes dua meter yang ada garis parkir. Di buat semacam los yang tidak mengganggu parkir. Selain itu ada solusi di belakang, bisa di buka untuk para pedagang”, kata dia.

Sementara dari pihak Satpol PP mengatakan apapun keputusan hari ini Pol PP siap mematuhi.

Di akhir acara perwakilan PKL Pasar Km 5 menyampaikan ucapan terima kasih untuk Bapak Kapolresta Palembang, PD Pasar, SatPol PP, saudara-saudara aktifis dan wartawan yang sudah turut hadir dalam musyawarah untuk kebaikan bersama.

Wartawan : Syaiful Jabrig

Editor : Yola

Komentar

Headline