oleh

Kabar Gembira: Pendaftaran Calon Jama’ah Umrah Di Sumenep Dibuka Kembali

TRIBUNPOS SUMENEP , JATIM – Sejak awal kemunculan pertamanya Covid-19 dengan cepat menyebar keseluruh penjuru dunia yang membuat aktivitas, masyarakat secara global terhenti, dengan kebijakan-kebijakan pembatasan yang diambil disetiap negara, tentu ini berdampak terhadap semua sektor publik, mulai dari ekonomi dunia yang terus merosot.

juga tidak terkecuali Pandemi Covid-19 ini berdampak terhadap kegiatan spiritual keagamaan utamanya masyarakat dunia yang beragama islam yaitu ditutupnya pelaksanaan ibadah Umrah oleh negara tujuan pelaksanaan Ibadah Yaitu Arab Saudi yang mengeluarkan kebijakan penutupan sementara untuk menekan penyebaran Covid-19 dinegaranya.


Namun selang beberapa bulan berikutnya ada kabar gembira bagi ummat islam diseluruh dunia termasuk warga indonesia, tak terkecuali Kabupaten Sumenep yang ingin melaksanakan Ibadah Umrah karena, sejak 15 Rabiul Awal atau Tanggal 01 Nopember 2020, kembali dibuka

Namun Meski begitu, situasinya tetap berbesa dengan tahun-tahun sebelumnya karena Pandemi Covid-19 masih tersebar dibeberapa negara untuk Pemerintah setempat mengeluarkan beberapa ketentuan yang harus diketahui oleh para calon Jamaah yang hendak ingin melakukan Ibadah Umrah, khususnya di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

“Untuk prioritas kami, para calon Jamaah yang telah terdaftar sebagai Calon Jamaah Umrah pada Tahun ini, dan yang berusia 18-50 tahun,” kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sumenep, A. Rifa’i Hasyim, Senin (02/11/2020).

Pihaknya juga menghimbau, bagi para calon Jama’ah Umrah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran yang sudah dikeluarkan pemerintah. Dengan itu, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak penyelenggara dan biro travel.

“Kami sudah koordinasikan kepada biro Travel bahwa jamaah umrah akan dilakukan karantina selama 3 hari setelah sampai di tanah suci,” terangnya.

Menurutnya, data sementara yang diterima pihak Kementrian Agama (Kemenag) setempat, akan ada 10 Biro Travel yang akan berangkat pada rahun ini.

“Setiap rombongan terdiri dari 40 sampai 90 orang. Untuk kepastianya, kami akan konfirmasi kembali,” tandasnya.

Wartawan : Asmawan

Editor         : Liz Chaniago

Komentar

Headline