oleh

Gerakan Relawan Mengajar (GRM) Bantu Pendidikan Anak-anak Deli Serdang

TRIBUNPOS SUMUT – Generasi penerus Bangsa merupakan agent of change, social of control and iron stock. Dimana hal ini menjadi satu kesatuan yang harus ada di dalam diri setiap generasi penerus Bangsa. Namun, di lain sisi juga harus ada yang mengayomi. Salah satunya, Gerakan Relawan Mengajar (GRM) mengadakan Kegiatan Mendidik generasi penerus bangsa. Pada umumnya relawan ini memberikan klasifikasi kegiatan tersebut kepada anak-anak yang kurang mampu agar dapat meringankan beban orang tua. (Sabtu, 4/7/2020)

Kegiatan tersebut diadakan pada pukul 10.20 Wib di Desa Baru Dusun Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Gerakan Relawan Mengajar (GRM) yang di ketuai oleh Sri Suartini (20) tahun mahasiswi UINSU, sekretaris Devi Armayanti S. Pdi (27), bendahara Tiara (22) dan dibantu rekan-rekan mahasiswa dan mahasiswi UINSU. Program belajar/mengajar ini di buka pada hari Minggu 31/5/2020 siswa/i sebanyak 20 orang dengan tenaga pengajar sebanyak 10 orang dengan memiliki pengalaman di bidang keagamaan serta sudah mendapatkan piagam dan penghargaan dari pemerintah setempat.

Telah kita ketahui bahwasanya mendidik anak-anak itu sangat penting. Baik bagi orangtua maupun lingkungan tempat tinggal dapat mendukung karakter anak-anak menjadi lebih baik. Kegiatan yang seharusnya mendapatkan dukungan dari pihak Pemerintah dan Dinas Pendidikan ini dapat melirik anak-anak yang tinggal di tempat yang terpencil seperti wilayah Deli Serdang.

Program ini diprioritaskan bagi masyarakat kurang mampu. Sri Suartini Sebagai ketua pengajar saat di konfirmasi awak media mengatakan berawal dari saya dan kawan-kawan berkunjung di Kampung Nelayan Belawan, kami melihat banyak anak-anak yang lebih memilih bekerja sebagai nelayan dari pada sekolah dikarenakan tempat tinggal mereka yang jauh dari sekolahan serta biaya sekolah yang cukup mahal mengakibatkan mereka harus bekerja dan memilih untuk putus sekolah.

Dengan adanya kunjungan di kampung nelayan tersebut terciptalah ide-ide  untuk membuat program GRM (Gerakan Relawan Mengajar). Akhir tahun 2018 dibukalah peroses belajar mengajar. Sri Suartini berharap kepada Pemerintah, Orangtua Wali Murid, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat agar kiranya dapat membantu Program GRM (Gerakan Relawan Mengajar) yang sudah dibuka di Desa Baru Dusun II Kecamatan Batang Kuis terkhusus Kepada Bupati dan Kepala Dinas Pendidikan agar dapat melihat perjuangan ini berbuah manis pada akhirnya untuk adik-adik disini.

 

Wartawan : Korlip Sumut Suhendra

Editor : Yolawati

Komentar

News Feed