oleh

Awal Ramadhan, Camat Paiker Kunjungi Pasar Bedug dan Bagikan Masker

TRIBUNPOS, EMPAT LAWANG | Sudah menjadi tradisi di Indonesia disaat bulan Ramadhan bermunculan pedagang kaki lima yang menjual kebutuhan buka puasa, begitu pun di Kecamatan Pasemah Air Keruh, salah satu kecamatan di Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan, Pasar Beduk begitu masyarakat menyebutnya, pedagang berjejer menjual menu buka puasa yang dipusatkan di Desa Nanjungan Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker-Red), Selasa 13/4/2021.

Beragam menu yang sediakan baik jajanan buka puasa maupun lauk pauk bahkan sayuran. Makanan khas yang dijual di Pasar Bedug Paiker seperti Lemang, bubur talam dan ragit yang yang banyak di gemari karena memang makanan tersebut sudah menjadi tradisi saat bulan puasa.

Tampak Camat Paiker bersama rombongan berkeliling mengunjungi pasar dan ikut membeli makanan untuk buka puasa nanti, tidak lupa Noperman Subhi Camat Paiker menghimbau kepada pedagang maupun pembeli mematuhi prokes guna mengindari diri dan keluarga dari Covid-19, dalam kesempatan itu Camat dan rombongan juga membagikan masker dan mengingatkan jika kedepan tetap tidak pakai masker maka akan di berikan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

Salah satu pedagang yang kami temui di Pasar Bedug, Ibu Jur yang terkenal dengan dagangannya yaitu Lemang menjelaskan.” Dimasa covid 19 ini saya hanya menjual lemang dari 12 kg beras ketan, dari biasanya palinh sedikit menghabiskan minimal 15 kg beras ketan, saat di bincangi Noperman Subhi disela-sela kunjungan dipasar Bedug, Selasa, 13/4/2021.

Lain lagi cerita Ibu Yur Liu, Pedagang yang tidak hanya menjual makanan khas namun juga menjual makanan kekinian, seperti donat dengan berbagai toping dan roti dengan berbagai rasa.” Bagi masyarakat yang baru pertama kali Ramadhan di Paiker dan ingin mencari santapan untuk buka puasa di Desa Nanjungan hendaknya datang ke pasar Beduk, paling siang jam 14.00 WIB karena pedagang sudah sepi dan disarankan datang jam 12.00 wib sampai jam 13.00 wib, terang Ibu yur ramah saat di sambangi tribunpos di lapak jualanya.

Karena penduduk Kecamatan Paiker hampir 100 persen penduduk lokak, maka para pedagang bisa mengaransi untuk makanan yang di jual baik menu lokal maupun menu kekinian diolah tidak menggunakan bahan pengawet dan dijamin Halal, untuk warna pedagang memakai daun pandan maupun sari buah untuk menambah daya tarik pembeli.

Untuk harga makanan di Pasar Bedug Paiker pun bervariasi dan terjangkau sehingga membuat Bapak Ersan Ardi yang baru ditugaskan di Kantor Camat Paiker bergegas mendatangi pasar Beduk, takut kehabisan menu buka puasa yang di cari.

Camat Paiker saat di mintai tanggapannya tentang kunjungan ke Pasar Bedug hari pertama puasa menerangkan.” Kepada masyarakat Paiker saya ucapakan selamat menjalankan ibadah puasa dan kepada pedagang semoga rejekinya lancar dan daganganya semua habis, sehingga bisa mendongrak ekonomi masyarakat ditengah pandemi covid-19 yang masih mewabah, walau Kabupaten Empat Lawang masuk zona hijau tetap masyarakat harus tetap menjaga protokol kesehatan, gunakan masker dan cuci tangan selalu sehingga kita semua bisa terhindar dari corona, tutup Noperman Subhi kepada tribunpos Selasa sore.(Red)

Laporan: Kurniawan

Komentar

News Feed