oleh

Tangani Pasien Covid-19, Tenaga Medis Dapat Insentif

TRIBUNPOS PALEMBANG | Merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia membuat banyak tenaga medis berjuang bertaruh nyawa di garda terdepan. Risiko yang mereka hadapi tak main-main karena setiap saat mereka harus bekerja untuk merawat pasien positif Covid-19, sehingga para tenaga kesehatan harus menerima insentif seperti yang dijanjikan pemerintah sampai Juni 2020.

Namun, dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor S-612/MK.02/2020 tentang Perpanjangan Insentif Bulanan dan Santunan Kematian Bagi Tenaga Kesehatan yang Menangani Covid-19 tertanggal 15 Juli 2020 lalu perihal perpanjangan periode penyaluran insentif untuk tenaga kesehatan yang menangani pandemi virus Corona hingga Desember 2020, menuai respon dari Seksi Sumber Daya Manusia Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Yusnita, Selasa (28/07/20).

Ia membenarkan bahwa surat keputusan tersebut telah diberlakukan. “Tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 akan mendapatkan insentif dari Kemenkes berdasarkan syarat yang ketentuannya ada di dalam Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/278/2020,” ungkapnya.

Ia pun menuturkan besaran jumlah insentif yang diterima oleh tenaga medis tersebut berdasarkan profesi tenaga medis tersebut. “Untuk dokter spesialis insentif yang diterima sebesar Rp15 juta per bulan, dokter umum sebesar Rp10 juta per bulan, bidan dan perawat sebesar Rp7,5 juta per bulan, dan untuk tenaga medis lainnya sebesar Rp5 juta per bulan. Serta untuk tenaga medis yang meninggal dunia karena terinfeksi virus Corona, santunan kematian sebesar Rp300 juta,” pungkasnya. (Red-TP)

Wartawan: Nandoe

Editor: Beby Putri Akbar

Komentar

News Feed