oleh

Ribuan Bibit Tanaman akan Disebar ke Kampung Iklim

Tangerang-Tribunpos.com | Dinas Lingkungan Hidup KotaTangerang, menyiapkan bibit Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan tanaman produktif untuk dibagikan kepada kampung iklim binaan DLH pada akhir tahun 2019. Bibit tanaman tersebut jumlahnya mencapai ribuan.

Menurut Kepala Bidang Penaatandan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup (PPKLH) pada Dinas Lingkungan Hidup, Muhammad Takhir, saat ini proses pembibitan sedang berlangsung. Ribuan bibit tanaman produktif seperti nangka, mangga, alpukat dan beringin serta bibit Toga seperti daun paprika, pecah beling dan miyana sedang disiapkan.

“Akan dibagikan akhir Desember, menunggu bibit pohon agak besar. Ini adalah kali kedua kami melakukanpembibitan.

Sebelumnya, DLH sudah membagikan 3.000 Toga kepada Warga Kampung Iklim dan warga sekitar kantor DLH. Untuk periode kedua, kamimembagikan tanaman produktif,”ungkap Takhir.

Menurut Takhir, pembibitan dilakukan dengan dana APBD. Pihaknya memanfaatkan sumber daya yang ada di Dinas Lingkungan Hidup. Sedang tanah untuk tanam pohon diambil dari bekas pembersihan drainase. Kemudian, bibit tanaman produktif berupa biji alpukat diminta dari penjual jus buah. Sementara pupuk diambil dari TPA Rawa Kucing.

“Kami juga meminta pegawai diDinas Lingkungan Hidup yang jumlahnya ratusan untuk serentak memasukkan tanahdan pupuk ke polybag seusai apel bulanan. Kami mendapatkan 800 kantong tanahuntuk ditanam. Sementara, untuk pembibitan kami menggunakan tenaga office boy dikantor DLH,” beber Takhir. [*red]

Komentar

News Feed