oleh

Disaksikan Kejati Banten, Bea Cukai Musnahkan Barang Ilegal Senilai Rp3,16 M

Merak-Tribunpos.com | Dermaga Indah Kiat yang berlokasi di Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Pulomerak dijadikan tempat pemusnahan barang illegal hasil sitaan Bea Cukai Banten yang terdiri dari minuman beralkohol, rokok, dan Liquid Vape illegal, Kamis (28/11/9).

Kepala Kanwil DJBC Banten, Mohamamad Aflah Farobi dalam keterangan persnya mengatakan, bahwa pemusnahan tersebut sudah mendapat keputusan dari Pengadilan Negeri.

“Sebanyak 77 penindakan pelanggaran UU Cukai di Kanwil Banten, hasil penindakan oleh Kantor Pelayanan Bea Cukai Merak dan Bea Cukai Tanggerang,” terang Aflah.

Modus pelanggarannya menjual minuman beralkohol Tampa izin NPPBKC (Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai), dan menggunakan pita cukai palsu atau sama sekali tidak dilekati pita cukai palsu.

“Potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan sebesar Rp 4,45 miliar,sedangkan nilai barang hasil penindakan yang dimusnahkan Rp 3,16 miliar, serta kerugian secara imateril seperti gangguan kesehatan, ketertiban, keamanan yang bisa dialami masyarakat,” jelasnya.

“Ini kami lakukan sesaui tugas dan fungsi DJBC, dimana kami sebagai Revenue collector (pengumpul pendapatan) Community protector (pelindung komunitas), Trade facilitator (fasilitator perdagangan), industrial assistance (Bantuan industri),” Imbuh Aflah.

Sementara itu, Asisten Penindakan Khusus Kejaksaan Tinggi Banten, Sunarko menerangkan, dari barang pemusnahan tersebut keputusan sudah ikrar dari 4 perkara yang sudah diputus,” Terang Sunarko.

Dari pantauan langsung Tribunpos  dilokasi, jumlah barang yang dimusnahkan berupa 4,474 botol miras eks impor 2.029,8 liter ciu minuman tradisional 3.066.208 batang rokok, 101,70 liter Liquid Vape, 1,10 liter essence Liquid Vape.

Sejumlah pejabat instansi hadir dalam kegiatan pemusnahan ini, sejumlah pejabat Provinsi Banten, KSOP, Ditpolair, Polda Banten, Detasmen PM III/4 Serang, Korem 064 Maulana Yusuf, pejabat lainnya. [*]

Penulis: Badia Sinaga

Komentar

News Feed