oleh

Berbekal Kesuksesan Mambangun Bumdes Desa, Feriyanto Kembali Maju Calon Kepala Desa Burai

Laporan Wartawan Tribun Desa (Tribunpos Group), Nofriyadi, Ogan Ilir, Sumatera Selatan

OGAN ILIR, Tribunpos.com  I Feriyanto, Kepala Desa Burai yang sukses memajukan ekonomi desanya sehingga menjadi salah satu desa berprestasi di sektor pariwisata (baca; Desa Warna Warni), pertanian dan perikanan di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Bermodalkan itu, tahun ini Feriyanto kembali mengikuti kontestasi Pilkades Serentak se-Ogan Ilir yang akan digelar pada 21 Nopember 2019 mendatang.

Feriyanto Calon Kepala Desa Burai nomor urut 3 tersebut, mendaftarkan diri bukan tanpa alasan. Dalam kampanye-nya ia menyampaikan program Bumdes yang telah berhasil digagasnya, dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang diterima, kedepan akan dikembangkan lebih besar lagi agar semua masyarakat desa bisa merasakan.

Bahkan dirinya bertekad bakal menjadikan Desa Burai menjadi desa yang mandiri seperti yang dicita-citakan pemerintah pusat melalui Kementrian Desa. 

Feri mengatakan, alasan kenapa dirinya berangkat kembali mencalonkan kepala desa, karena telah terbukti serta dengan melihat capaian yang telah diperoleh selama ini. Sehingga untuk gagasan enam tahun kedepan, akan terus memaksimalkan capaian yang telah diraih dan menjalankan program prioritas yang telah digagasnya.

“Alasan saya untuk maju kembali dalam Pilkades kali ini untuk fokus melanjutkan program memajukan desa melalui Bumdes ini. Dari situlah nanti potensi-potensi yang ada di desa akan terus dikembangkan. Saya optimis kalau saya terpilih kembali, Desa Burai akan menjadi desa yang mandiri seperti yang dicita-citakan pemerintah pusat melalui kementrian desa,” ungkap Feri sapaan akrab Feriyanto kepada Tribun Desa (Tribunpos Group), Sabtu (09/10/19).

Dikatakan Feri, dengan adanya potensi yang ada, seperti potensi pariwisata, pertanian, perikanan serta potensi lainnya akan dijadikan sumber pendapatan desa dan kedepan Desa Burai bisa mandiri serta tidak bergantung pada pendapatan dana dari pusat maupun daerah.

“Jika potensi tersebut sudah berjalan dan potensi yang ada bisa terwadahi serta dikembangkan lebih baik lagi, maka potensi-potensi itu nanti akan bisa menjadi kemandirian desa dalam segi pembangunan dan pemberdayaannya,” jelasnya.

Lebih lanjut Feri menjelaskan, sawah Bumdes sudah memiliki 50 hektar yang siap panen, kedepan akan makin ditingkatkan menjadi 100-150 hektar bahkan lebih. Itu berkat kerjasama Sahabat Petani Ogan Ilir.

Belum lagi sektor perikanan, sambung Feri, ada hampir 123 warga desa yang membudiyakan ikan lele di Sungai Kelekar ini, dan sangat memungkin untuk terus bertambah. Lalu pakan ikan, juga sudah membuat sendiri.

“Dari sektor wisata, atas kerja sama antara Pemerintah Desa Burai, Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir dan PT Pertamina EP2 Prabumulih, terus kita tingkatkan dan berbenah supaya Desa Wisata Burai menjadi pilihan utama untuk berwisata,” terangnya.

“Semua prestasi yang telah dicapai tersebut merupakan apresiasi penuh terhadap seluruh masyarakat, bukan milik saya pribadi selaku kepala desa, tapi prestasi bersama masyarakat,” ujarnya.

Feri berharap, pemilihan Kades ini dapat berjalan damai dan kondusif demi terwujudnya Desa Burai yang maju aman dan religi. “Siapa-pun yang terpilih nantinya, semoga memiliki sifat amanah sekaligus dapat menjadikan Desa Burai yang kita cintai ini makin maju.” Ucapnya menutup wawancara. (*/Red)

Editor: Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed