oleh

Wow, Ini Malam Karnaval di ‘Tanah Penesak’ Bangun Jaya, Lihat Keseruhannya!

Ilustrasi Pawai Ramadhan
Laporan Wartawan : Zainudin A Kirom / Tanjung Batu, Ogan Ilir

TRIBUNPOS.COM, OGAN ILIR — Bulan Ramadhan selalu disambut gegap gempita oleh ummat Islam di Indonesia. Ada begitu banyak pahala yang menanti dibulan suci ini. Begitu pula ummat muslim yang berada di Desa Bangun Jaya, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, menyambut dan mengisi bulan penuh amalan ini dengan begitu antusias.

Di desa yang terletak di Tanah Penesak dataran wilayah Kecamatan Tanjung Batu itu, beragam kegiatan dan tradisi diadakan. Mulai dari tradisi pasar bedug, keliling kampung membangunkan orang sahur, sampai tradisi arak-arakan karnaval.

Namanya karnaval (baca- pawai) rasanya tak bisa dipisahkan dari budaya masyarakat muslim di Bangun Jaya. Acara ini sudah menjadi tradisi dari generasi ke generasi, bahkan menjadi icon kegiatan tahunan di bulan ramadhan.


Kegiatan yang dimotori pemuda desa setempat itu, seperti magnet tersendiri. Usai waktu taraweh, jalanan sudah ramai oleh lalu lalang kendaraan bermotor maupun penjalan kaki menuju tempat lokasi berkumpulnya acara malam karnaval.

Sebelum diarak keliling kampung, deretan replika masjid, ka’bah, Al-quran dan mobil-mobilan hasil karya pemuda setempat tersusun rapi dan indah. Dibalut lampu warna-warni menambah gemerlap kemeriaan pawai malam itu.

Kemeriaan semangkin terasa, saat mata disajikan pemandangan menarik dari beragam costum unik, disertai peragaan menggelitik para peserta pawai sebagai daya tarik. Keramaian pun tak terbendung tumpah ruah pada larut malam dalam kebahagian dan suka cita yang menyelimuti masyarakat semua usia dan strata malam itu.

Ketua Pelaksana ‘Acara Malam Karnaval’ yang juga ketua Karang Taruna Desa Bangun Jaya, Eko Juliansyah SPd mengatakan, acara malam karnaval ini adalah tradisi yang ada sejak dari dahulu. Harus terus dijaga, dipertahankan dan dilestarikan.

“Karena itu kita harus terus menjaga dan melestarikannya tradisi ini, selain itu juga acara ini sebagai momentum mempererat tali silaturahmi dan syiar kebaikan di bulan puasa ramadhan,” ujar pria 28 tahun ini kepada Tribunpos.com, Sabtu (9/6/2018) malam kemarin.

Dijelaskan Eko, kegiatan malam karnaval tersebut juga sebagai malam puncak pembagian hadiah dari berbagai kegiatan keagamaan yang sudah dilaksanakan oleh Ikatan Remaja Masjid (Irma) Al-Falah Desa Bangun Jaya beberapa waktu lalu.

“Kegiatan karnaval malam ini juga sebagai malam puncak pembagian hadiah beberapa perlombaan yang telah dikompetisikan, seperti lomba Adzan, Kaligrafi, Hafalan Surat Pendek Al-quran dan Peragaan Busana Muslim. Kegiatan tersebut atas prakarsa Ade Siswanto Husin selaku ketua Irma Al-Falah beserta pengurus lainnya,” tambah Eko.

Sementara itu diwaktu bersamaan, Kepala Desa Bangun Jaya Sunarno mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menyukseskan setiap kegiatan yang dilakukan oleh Karang Taruna dan Irma Al-Falah.

“Acara seperti ini harus ditingkatkan dan kami siap mendukung setiap kegiatan acara positif yang dilakukan oleh anak-anak muda,” pungkas Sunarno.

Pantauan wartawan media ini di lokasi, tampak hadir beberapa tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda serta setempat. (Tribun Desa)

Penulis : Zainudin A Kirom
Editor : Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed