oleh

Wartawan RTV Dipukul, Gabungan Jurnalis Banten Besok Turun ke Jalan, Kapolda Diminta Tangkap Para Pelaku

Liputan Wartawan Tribunpos.com, Cilegon, Arohman Ali

JAKARTA, Tribunpos.com | Kantor Berita Tribunpos mengirimkan 5 utusan wartawannya menjadi peserta ‘Aksi Solidaritas Wartawan Cilegon Melawan Premanisme’ yang akan dilaksanakan pada Jumat besok, 21 Desember 2018 bertempat di Terminal Terpadu Merak (TTM), Cilegon, Banten.

Aksi solidaritas tersebut, buntut dari kekerasan terhadap seorang juru kamera (stringer) RTV bernama Mazmur saat sedang melakukan tugas peliputan Ditjen Bundar Kemenhub di Terminal Eksekutif Merak.

Pemimpin Redaksi Tribunpos, Sandi Pusaka Herman mengatakan, keikutsertaan 5 wartawan Tribunpos sebagai peserta aksi adalah bentuk rasa solidaritas dan kekompakan antar sesama pekerja Pers di Indonesia, khususnya Provinsi Banten.

“Ini bukti rasa solidaritas dan kekompakan pekerja Pers, sehingga kami merasa perlu mengirimkan 5 wartawan untuk diikutkan berpartisipasi dalam aksi besok,” terangnya.

Sandi berharap, kedepannya tidak ada lagi kasus serupa (baca; kekerasan) terhadap jurnalis dalam bertugas.

“Dalam hal ini saya meminta kepada Kapolda Banten untuk mengusut tuntas dan menangkap para pelaku kekerasan lainnya yang sudah melakukan kriminal terhadap rekan kami seorang juru kamera stringer RTV,” pungkasnya.

Kekerasan ini, bermula saat para wartawan sedang berjalan kaki melalui akses pejalan kaki dari kantor ASDP Merak menuju TTM lokasi liputan Ditjen Bundar.

Kala itu calo bus (pelaku) berteriak menawarkan kepada para wartawan yang melintas, saat tidak ada yang menjawab, salah seorang calo bernama Teguh (18) langsung membentak Mazmur (Wartawan) sambil menarik kerah baju, dan memukul wajah korban.

Sontak seperti dikomandoi, semua calo bus yang ada di lokasi ikut memukuli Mazmur. Akhirnya pengeroyokan tersebut dilerai sebisa mungkin oleh para wartawan lainnya.

Kejadian itu segera dilaporkan ke pihak kepolisian Polsek Pulomerak untuk ditindak lanjuti dan mencari pelaku pengeroyokan lainnya. Dan pelaku utama Teguh (18) telah diamankan di Polsek Pulomerak, Merak, Banten, Rabu (19/12/2018). (Red/Cilegon/Banten)


Komentar

News Feed