oleh

Tak Kantongi Surat Izin, Alat Berat Eksis Beroperasi di Bandar Labuhan

TRIBUNPOS DELI SERDANG, SUMUT | Dari sekian banyaknya kegiatan alat berat yang beroperasi di Desa Bandar Labuhan Dusun III, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, ternyata tak satupun yang mengantongi surat izin dari Kades setempat.

Azeman selaku Kades Bandar Labuhan menyayangkan pihak pemilik usaha Kawali Osana Keramik yang mengoperasikan alat berat tersebut di Desa Bandar Labuhan tanpa ada surat izin darinya.


“Semestinya setiap penggunaan alat berat memiliki surat izin penggunaan dari Kades karena bilamana terjadi masalah, baik dari pihak pengerjaan alat berat maupun pihak masyarakat, masalah itu bisa diselesaikan,” ungkapnya saat dihubungi via telepon oleh awak media, Jumat (10/7/20).

Alat berat beroperasi di Bandar Labuhan tanpa izin dari pemerintah desa, Jumat (10/07/20). Foto: Azhari Rangkuti

Ia juga mengungkapkan bahwa pihak pemerintah desa hendaknya diikutsertakan dalam kegiatan pengoperasian alat berat tersebut dengan cara memberikan Surat Izin Penggunaan Alat Berat yang langsung dikeluarkan oleh desa atau kelurahan kepada pengusaha yang bersangkutan.

“Misalnya terjadi kecelakaan kerja atau keributan antara masyarakat, perlu adanya surat izin untuk membatasi ruang gerak bagi pemilik alat berat agar tidak semena-mena karena harus bertanggung jawab bila terjadi kerusakan yang diakibatkan alat berat,” pungkasnya.

 

Wartawan: Azhari Rangkuti

Editor: Beby Putri Akbar

Komentar

Headline