oleh

Sungai Silau Meluap, Ratusan Rumah di Asahan Terendam Banjir

Laporan Wartawan Tribun Pos, Sapar Panjaitan, Asahan, Sumut

TRIBUNPOS ASAHAN, SUMUT — Hujan deras yang mengguyur wilayah Asahan, Kamis (18/6/20) malam hingga tadi pagi, menyebabkan Sungai Silau dan Sungai Piasa meluap. Sebanyak 12 desa dan 3 kecamatan terendam banjir setinggi pinggal orang dewasa.


Berdasarkan laporan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Asahan, tingginya curah hujan yang mulai turun sejak pukul 22.34 wib malam hingga pukul 05.30 tadi pagi. Membuat kedua sungai tak mampu lagi menampung debit air. Sehigga meluap dan menyebabkan banjir ke perkampungan warga.

Menurut Plt Kepala BPBD Asahan, Khaidir Sinaga, air merangkak naik sekitar pukul 01.00  Wib dini hari. Lokasi yang terkena banjir adalah Desa Terusan Tengah, Desa Tinggi Raja, Desa Bangun Sari, Desa Sei Silau Tua, Desa Sei Silau Barat, Desa Urung Pane, Desa Buntu Pane, Desa Karya Ambalutu, Desa Ambalutu, Desa Prapat Janji, Desa Sei Silau Timur dan Desa Mekar Sari.

“Kenaikan genangan luapan air mencapai ketinggian air sekitar 50 cm-100 cm di atas permukaan tanah, dan sekitar 15 cm-50 cm di dalam rumah,” ucap Sinaga.

Dijelaskannya, saat ini BPBD Asahan sudah mengecek ke lapangan untuk menginventarisir yang terdampak serta kerusakan sarana prasarana yang ada.

“Kondisi terkini pada Pukul 18.00 Wib, terlihat genangan air di tiap desa berangsur surut, mudah-mudahan akan terus surut hingga malam ini apabila hujan tidak turun.” pungkasnya. (Red-TP)

Editor: Sandi Pusaka Herman Timur

Komentar

News Feed