oleh

SMAN 1 Cinangka Gelar Psikotes Bagi Peserta Didik Baru, Diikuti Antusias Calon Siswa

Laporan Wartawan Tribun Pos, Badiamin Sinaga, Serang, Banten

SERANG, Tribunpos.com | SMAN 1 Cinangka, Karang Bolong, Ciparay, Kabupaten Serang, Banten menggelar psikotes kepada peserta didik baru, Jumat (05/07/2019). Para peserta ujian terlihat sangat antusias mengikuti semua rangkaian tes.

“Kegiatan ini bertujuan mengarahkan peserta didik kepada peminatan. Selain itu juga tes psikologi ini ditujukan agar pengelompokan minat siswa IPA/IPS benar-benar mempertimbangkan tidak hanya potensi akademik, melainkan juga mempertimbangkan potensi psikologis dan minat peserta dindik,” kata panitia pelaksanaan PPDB SMAN 1 Cinangka, Andi ketika dikonfirmasi di sekolahnya.

Dikatakan Andi, dengan diadakannya sistem ini diharapkan akan memacu calon siswa baru, apalagi tes psikologi ini dilakukan oleh tenaga ahli pengukuran behavioral, Imawanty MPd.

“Dengan pengukuran psikologis ini, guru dapat memiliki bekal yang cukup untuk mengarahkan siswa sesuai dengan minat dan potensinya dalam proses belajar mengajar SMAN 1 Cinangka,” tambahnya.

“Untuk tahun ini saja jumlah peserta Dindik ada 284 siswa, terbagi 8 kelas. Ada 3 metode yang diterapkan. Seleksi pertama Zonasi (Jarak), Jalur Prestasi dan Jalur Perpindahan orang tua sesuai dengan ketentuan,” tambahnya.

Sementara Kepala Sekolah SMAN 1 Cinangka, Drs H Nurdin menjelaskan melalui metode pengukuran yang lebih komprehensif ini dapat meminimalisir judgement terhadap anak. Sehingga, melahirkan pemaham positif terhadap kondisi peserta didik secara holistik (akademik, psikologis, minat dan gaya belajar) agar menjadi perhatian penting pihak sekolah.

“Hal ini sejalan dengan cita-cita SMAN 1 Cinangka, bahwa di tahun 2019, SMAN 1 Cinangka menjadi Sekolah Ramah Anak,” ucapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama sehari, sebagai penutup dari rangkaian kegiatan PPDB di SMAN 1 Cinangka. Pada psikotes ini siswa diberikan tes tertulis. Para peserta diberikan soal, dengan demikian sekolah dapat menguji kemampuan dasar calon siswa. (Red)

Editor: Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed