oleh

Sang Petahana Taliabu Pertegas Telah Membangunan, Tinggal Dilanjutkan

Tribunpos.com, Pulau Taliabu – Petahana Pilkada Taliabu Nomor Urut 2 Aliong Mus-Ramli (AMR) kembali mempertegas jika selama kepemimpinannya dengan Ramli pihaknya sudah melakukan pembangunan sesuai ketersediaan anggaran dilingkup Pemkab setempat.

“Jika ada yang bilang kami tidak membangun berarti mereka tutup mata melihat fakta pembangunan yang sudah dilakukan oleh pemerintahan saat ini. Pertanyaan kemudian apa yang sudah mereka perbuat untuk masyarakat Taliabu,”kata Petahana Aliong Mus-Ramli di Desa Wayo, Kecamatan Taliabu Barat baru-baru ini.


Pada kesempatan itu, Aliong Mus mengatakan jika ada pembangunan yang belum terselesaikan pada pemerintahan sekarang, itu bukan semata-mata karena tidak ada kepedulian dari pemerintah, melainkan faktor keterbatasan anggaran menjadi kendala untuk percepatan pembangunan di wilayah Taliabu yang masih tergolong masih cukup belia dibandingkan daerah lainya yang sudah dimekarkan puluhan tahun lalu.

” Daerah lain yang sudah dimekarkan dari puluhan tahun silam saja masih ada yang infrastrukur seperti jalan antar desa ke desa dan kecamatan ke kecamatan belum terhubung, apalagi Taliabu yang masih tercatat daerah otonomi baru (DOB) saat ini,”ungkap Ketua DPD II Golkar Pulau Taliabu itu.

Ia melanjutkan, ruas jalan lingkar Taliabu yang harus dihubungkan dari desa ke desa dan dari Kecamatan ke Kecamatan berkisar 400 kilometer, dari jarak kilometer tidak bisa dituntaskan hanya dalam waktu satu periode, tapi butuh proses dan waktu serta anggaran yang cukup.

“Postur APBD kita di Taliabu masih kecil untuk kita bermimpi yang terlalu tinggi, karena itu untuk mendukung percepatan pembangunan ini, AMR butuh untuk melanjutkan pembagunan ini pada periode kedua nanti. Selain itu perhatian provinsi terkait anggaran juga wajib karena Taliabu juga bagian dari Maluku Utara,”jelasnya.

Menurutnya, wilayah Kabupaten Pulau Taliabu sejak dimekarkan sampai saat ini masih minim mendapat perhatian pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut). Suami dari Ny. Zahra Yolanda Ajzira lanjut menegaskan, Panjang jalan lingkar Taliabu yang mencapai 400 kilometer (km), sejauh ini yang dibangun dengan sumber anggaran dari pemerintah Provinsi baru berkisar 8 kilometer, itupun saat ini sudah terlihat mulai rusak-rusak,”katanya.

Ditegaskan, masalah ini dirinya sudah beberapa kali menemui Gubernur Malut dengan tujuan membantu mengucurkan anggaran provinsi agar membantu percepatan pembangunan di Taliabu saat ini.

“Saya sudah ulang kali bertemu Gubernur, dan saat itu saya meminta partisipasi dukungan anggaran provinsi mimal Rp 50 Miliar untuk mendukung percepatan pembangunan di Taliabu, tapi jawabannya hanya iya dan iya sampai sekarang,” terangnya.

Aliong juga bilang, Anggaran provinsi ke Taliabu dalam kurun waktu sudah 4 tahun terakhir baru berkisar Rp 30 miliar lebih. Dari anggaran yang diluncurkan pemerintah provinsi ke Taliabu ini tidak berbanding lurus dengan kondisi Taliabu sebagai daerah otonomi baru (DOB) yang dalam proses pembangunan butuh suntikan dana yang cukup agar bisa menunjang percepatan pembangunan di Taliabu saat ini.

“Kita di Taliabu ini sangat tidak dipandang sama sekali oleh Provinsi. Karena itu kita berpikir untuk lebih baik keluar dari Maluku Utara,”ucap Ketua DPD II Partai Golkar Pulau Taliabu itu.

Kesempatan itu Aliong mempertegas, bahwa ditengah keterbatasan anggaran daerah dalam beberapa tahun kepemimpinannya dengan Ramli tetap berupaya semaksimal mungkin untuk menjawab apa yang menjadi harapan masyarakat.

“Kami hanya butuh waktu dua periode untuk menuntaskan pembangunan yang sudah AMR diletakkan saat ini,” ujarnya Sembari mengajak, warga masyarakat agar bersatu mengajak warga masyarakat lainya untuk bersama-sama mengantarkan Aliong Mus untuk melanjutkan pembangunan Taliabu pada periode kedua nanti.

Calon Wakil Bupati Taliabu, Ramli menyampaikan, Kabupaten Pulau Taliabu Sejak 2016, petahana AMR sudah meletakkan dasar pembangunan di wilayah Kabupaten Pulau Taliabu. “Ada tiga program mendasar, yakni infrastruktur pendidikan, kesehatan dan Infrastruktur jalan sudah dilakukan oleh AMR. Karena itu, jika ada yang bilang incumbent tidak berbuat apa-apa selama dalam periode pertama, tanyakan ke mereka apa yang sudah mereka perbuat di Taliabu.

“Saya Ramli datang ke Taliabu tidak berpikir untuk hidup di Taliabu, tapi untuk menghidupkan Taliabu. Karena itu warga masyarakat Wayo dan umumnya wilayah Taliabu agar tanggal 9 Desember nanti datang ke TPS dan memilih Nomor urut 2 Aliong Mus dan Ramli (AMR) untuk melanjutkan kepemimpinan dan pembangunan kedepan,” ujar Mantan Kapolsek Taliabu Barat itu.

Wartawan : Hermawan Rahman

Komentar

Headline