oleh

Respon Keluhan Warga, Anggota DPRD Kota Cilegon Sidak ke PT Dover Chemical Terkait Dugaan Pencemaran

CILEGON, TRIBUNPOS.COM | PT Dover Chimical yang lagi-lagi berulah mengeluarkan bau tak sedap pada Jumat (13/12/19) lalu sehingga 6 warga sekitar pabrik dilarikan ke RSKM, mendapat tanggapan keras dari anggota DPRD Kota Cilegon, bahkan Anggota Komisi IV Baihaki Sulaiman mengeluarkan statmen untuk mengevaluasi izin perusahaan kimia tersebut.

“PT Dover Chimical saya kira tidak memiliki itikad baik untuk  menyelesaikan problematika sosial dan lingkungan yang diderita masyarakat,” ujar Baihaki.

Menurut Baihaki, pemerintah harusnya bertindak tegas terhadap PT. Dover Chimical. Sebab jika hanya teguran seperti yang sudah-sudah PT Dover tidak menghiraukan.

“Sekali ini, jika perlu evaluasi perizinan yang ada. Minta pihak PT  Dover Chimical berkomitmen terhadap lingkungan, juga memperbaiki diri untuk tidak terus-terusan melakukan pencemaran lingkungan. Ini nyata-nyata membahayakan keberlangsungan hidup masyarakat sekitar,” tegasnya.

Sementara itu, anggota Komisi II Ibrohim Aswandi juga mengatakan bahwa Komisi II sedang melakukan sidak hari ini ke PT Dover Chimical.

“Hari ini, (Senin, 16/12-red), kami Komisi II DPRD Kota Cilegon lagi sidak,” kata pria yang akrab disapa Boby ini singkat.

Sidak tersebut, lanjut Boby, merupakan sidak Lintas Komisi  yang menyikapi masalah keresahan sosial masyarakat akibat dampak negatif lingkungan yang berimbas kepada kesehatan masyarakat dan seterusnya.

“Sidak ke PT Dover dilakukan oleh lintas Komisi II & Komisi IV,” pungkasnya.

Sementara Ketua RT. Link Kali baru  RT. 04/02 Kelurahan Gerem Kecamatan Grogol, Afa Sukuan  mengatakan, sejauah ini pihak PT Dover Chimical belum ada tindakan apa-apa.

“Mungkin kita besok mau menemui pemkot dulu, mau menanyakan perkembangan team independent yang dibentuk beberapa waktu lalu. Mungkin Insyaallah besok di dampingi Pak Lurah,” kata Afa.

Sebelumnya, PT Dover Chimical mengeluarkan bau menyengat tajam yang mengakibatkan 6 orang warga Link. Kali Baru, Rt. 04/02 Kelurahan Gerem Kecamatan Grogol Kota Cilegon mengalami mual-mual dan pusing pada Jum’at malam (13/22/2019) sehingga harus dirujuk ke RSKM. [*]

Penulis: Badia SInaga

Komentar

News Feed