oleh

Proyek Rabat Beton Desa Gembor ‘Diduga’ Curi Kubikasi Ketebalan

Laporan Wartawan Tribunpos.com, Serang, Lahudin

SERANG, Tribunpos.com | Kegiatan rabat beton dengan volume panjang 503 meter, lebar 3 meter dan ketinggian 15 sentimeter, yang berlokasi di Kampung Kibin, Desa Gembor, Kecamatan Binuang, Kabupaten Serang, Banten, diduga kegiatannya mengurangi kubikasi ketebalan rigid beton.

Pantauan Tribunpos.com di lokasi, kegiatan dengan anggaran mencapai Rp 281.369.000 yang bersumber dari Dana Desa (DD) TA 2018 tersebut, ditemukannya ketebalan beton mulai dari 11 sentimeter hingga 14 sentimeter. Dimana untuk betonnya menggunakan K-250, serta pemadatan menggunakan scroop dan pasir urugan.

Wahi, tim pelaksana kegiatan (TPK) mengatakan, terkait adanya ketinggian yang tidak mencapai 15 sentimeter, disebabkan adanya tekanan dari kendaraan yang mengangkut beton.

“Itukan bekas dilalui kendaraan yang mengangkut beton. Pasti ada yang amblas dan juga ada yang menumpuk,” katanya kepada wartawan media ini, Sabtu (22/12/2018) di lokasi proyek.

Terkait penggunaan pasir urugan, Wahi menambahkan, bahwa itu semua sudah sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB).

“Di RAB-nya menggunakan scroop dan pasir urug. Yang jelas, untuk pemadatan sudah dilakukan, semalam alat beratnya sudah diangkut,” tambahnya.

Masih kata Wahi, untuk pelaksanaan kegiatan rabat beton sendiri sudah mencapai 7 hari. Sedangkan untuk pengecorannya baru dimulai hari ini.

“Pengecoran baru hari ini, yang sudah digelar mencapai 3 mobil. Pekerjaan dilakukan hannya disiang hari, karena kalau malam hari, penerangan tidak memadai,” tutupnya.

Sementara, Kepala Desa Gembor, Nurjaman ketika hendak dikonfirmasi, dirinya tidak ada di lokasi kegiatan. (Red/Serang/Banten)

Editor : Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed