oleh

Permudah Akses Layanan Kesehatan, Bupati Ilyas Luncurkan Program Unggulan 5 Pelayanan Call Center

Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam (tengah), Kepala Dinas Kesehatan dr Siska Susanti (pojok kiri), Sekda Herman (pojok kanan) saat melaunching program pelayanan call center kesehatan di halaman kantor Dinas Kesehatan, Selasa (3/7/2018). (Tribunpos)
Laporan Wartawan : Kaka Kertapati / Indralaya, Ogan Ilir

TRIBUNPOS.COM, INDRALAYA — Untuk meningkatkan akses pelayanan yang cepat dan prima di bidang kesehatan, Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Dinas Kesehatan meluncurkan program layanan call center.

Layanan call center itu, dilaunching langsung oleh Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam di halaman kantor Dinas Kesehatan, Selasa (03/07/2018).

Layanan call center tersebut diberikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat banyak yang sedang membutuhkan pelayanan kesehatan terutama saat urgent seperti kebutuhan ambulance dan pelayanan gawat darurat serta pelayanan kesehatan lainnya.


Melalui layanan itu, masyarakat yang membutuhkan pelayanan medis cepat, cukup menelfon call center 118 untuk ambulance dan 119 untuk gawat darurat. Perawat serta tenaga medis akan datang ke rumah warga untuk memberikan pelayanan.

Kepala Dinas Kesehatan Ogan Ilir dr Siska Susanti mengatakan bahwa pelayanan call center tersebut bertujuan agar masyarakat dapat mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan dengan cepat.

“Jadi dengan adanya call center ini, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan kesehatan, seperti ambulance dan pelayanan lainnya terutama dalam keadaan mendesak,” ucap dr Siska.

Sehingga, saat mendapatkan laporan melalui call center, tambah Kadinkes, petugas kesehatan di puskesmas tersebut dapat dengan cepat memberikan pertolongan kesehatan.

“Program layanan call center saat ini sudah berjalan, meliputi pelayanan ambulance (082373845118), pelayanan gawat darurat (082373853119), pelayanan donor darah (082373848115), pelayanan apotek (082373850106) dan pelayanan konsultasi dokter (082373850106)” paparnya.

Mengenai alur standar operasional pelayanannya, beber dr Siska, warga silahkan menelpon salah satu layanan kesehatan yang dibutuhkan. Misalkan layanan gawat darurat, nanti petugas akan menanyakan dan mencatat laporan kejadian dan identitas pelapor atau korban.

Setelah mendapat laporan, tim bergerak menuju ke lokasi kejadian dan melakukan tindakan pertama guna penyelamatan pasien. Seterusnya pasien akan diantar ke rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Pihaknya berharap, program ini dapat terlaksana dengan baik. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan meskipun mereka berada di desa-desa yang jauh dari puskesmas setempat dengan cepat.

Sementara itu Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam menegaskan dengan adanya layanan call center ini harus menjadi salah satu program unggulan di Ogan Ilir.

“Terus berikan pelayanan prima, apalagi dengan adanya program pelayanan call center ini, semuanya harus bekerja memberikan pelayanan prima dan lebih baik lagi,” kata Ilyas.

Dikatakan Ilyas, pihaknya terus melakukan pembenahan dari semua tingkatan, mulai dari puskesmas hingga rumah sakit.

“Semua pihak harus terus bangun komunikasi yang baik, baik antar puskesmas atau puskesmas dengan rumah sakit, jangan sampai terulang ada orang sakit tapi tak ada ambulannya,” tegasnya.

“Mulai sekarang, semua ambulance sudah harus standby di tempat (puskesmas). Jangan sampai ada ambulance yang dibawa pulang ke rumah, apabila ada masalah, ada pasien yang mau dibawa ke rumah sakit namun tak ada ambulannya karena dibawa pulang ke rumah, maka jangan menyesal saya akan ganti kepala puskesmasnya,” pungkas Ilyas. (Advertorial)

Berikut 5 (Lima) Pelayanan Call Center Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Ilir:

1. Pelayanan Ambulance
– Bagi masyarakat nantinya bisa menghubungi bantuan ambulance melalui jejaring yang sudah tersebar di setiap kecamatan atau silahkan menghubungi call center 0823 73845 118

2. Pelayanan Gawat Darurat
– Bagi masyarakat yang mendesak membutuhkan penanganan pertama dan cepat kasus kegawatdaruratan nantin silahkan menghubungi call center 0823 73853 119

3. Pelayanan Donor Darah
– Bagi masyarakat yang menanyakan kebutuhan stock darah silahkan menghubungi call center 0823 73848 115

4. Pelayanan Apotek
– Bagi masyarakat yang ingin menanyakan obat dan ketersediaan dimana obat tersebut dapat diperoleh silahkan menghubungi call center 0823 73850 116

5. Pelayanan Konsultasi Dokter
– Bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi secara langsung penyakit dan diagnosanya silahkan menghubungi call center 0823 73848 117

.

Editor : Sandi Pusaka Herman

Komentar

Headline