oleh

Pendidikan Kabupaten Serang Berprestasi

SERANG, Tribunpos.com | Pendidikan adalah investasi masa depan. Kemajuan suatu Bangsa, perkembangan suatu daerah, tidak akan lepas dari pembangunan pendidikan. Maka untuk menjadikan Kabupaten Serang maju, agamis, dan sejahtera, maka kuncinya adalah pembangunan pendidikan yang merata, berkualitas, dan berkelanjutan.

Pemerintah Kabupaten Serang di Bawah Kepemimpinan Bupati Serang Hj Ratu Tatu Chasanah SE MAk dan Wakil Bupati Drs H Pandji Tirtayasa fokus pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Salah satu indeks komposit yang di dalamnya terkandung amanat untuk memprioritaskan pembangunan pendidikan.


“Tidak boleh ada siswa putus sekolah,”. Penegasan tersebut berulang kali disampaikan Bupati Serang Hj Ratu Tatu Chasanah dalam berbagai kesempatan. Pernyataan tersebut disampaikan karena Pemerintah Kabupaten Serang telah memberikan beasiswa untuk siswa SD, SMP, hingga beasiswa SLTA untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Beasiswa untuk siswa tidak mampu, siswa berprestasi, hingga beasiswa penghafal Alquran.

“Kesejahteraan guru harus terus kita perjuangkan,” Pernyataan tersebut dibuktikan Bupati Serang Hj Ratu Tatu Chasanah, Guru berbagai kategori di Kabupaten Serang diberikan insentif. Bahkan hingga operator sekolah. Bahkan untuk guru PAUD, diberi beasiswa sarjana.

Peringati Hari Pendidikan Nasional

Bupati Serang Hj. Ratu Tatu Chasanah juga fokus pada perbaikan ruang kelas rusak, penyediaan sanitasi sekolah yang layak, perpustakaan sekolah, serta sarana dan prasana pendidikan lainnya. Untuk perbaikan ruang kelas, cukup masih dilakukan.

Keberhasilan program pembangunan pendidikan sudah terlihat. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Serang, angka rata- rata lama sekolah warga Kabupaten Serang pada 2016 sebesar 6,98 tahun. Mengalami peningkatan sebesar 0,19 yakni menjadi 7,17 tahun pada 2017. Peningkatan rata-rata lama sekolah ini mencapai angka tertinggi di wilayah Provinsi Banten bersama-sama dengan Kota Tangerang Selatan.

Para guru di Kabupaten Serang saat peringati Hari Pendidikan Nasional

Sementara untuk IPM Kabupaten Serang. BPS mencatat pada tahun 2016 sebesar 65,12 poin, meningkat pada tahun 2017 menjadi 65,60 poin. Dengan besaran peningkatan sebesar 0,48 poin, menjadi peningkatan IPM terbesar ketiga setelah Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan.

Bukan hanya itu, Alhamdulillah seiring dengan Hari Pendidikan Nasional, Pemerintah Kabupaten Serang kembali meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional bertajuk Sindo Goverment Award 2019. Jika tahun lalu berprestasi atas program infrastruktur, tahun ini ternilai sukses melalui berbagai program bidang pendidikan.

Penghargaan yang digagas MNC Group-Sindo Weekly ini diserahkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Eko Putro Sanjojo kepada Wakil Bupati Pandji Tirtayasa di Hotel Borobudur, Selasa, 30 April 2019. Program ini tak lepas dari kinerja aparatur Pemkab Serang dan sinergi dengan masyarakat. Tidak lepas pula dari program yang digulirkan, mulai dari beasiswa, pendidikan kesetaraan, insentif guru, perbaikan ruang kelas, hingga pengembangan sekolah satu atap atau satap. (Adv)

Komentar

Headline