oleh

Pak Gubernur…!!! Jalan Kami Seperti Kubangan Kerbau, Aktifitas Warga Lumpuh Total

TRIBUNPOS WAYKANAN , LAMPUNG – Jalan merupakan sarana yang sangat penting untuk masyarakat melakukan aktivitas. Kegiatan ekonomi pun bergantung dengan baik buruknya kondisi jalan. Apa jadinya kalau kondisi jalan seperti kubangan kerbau? Begitu yang tampak pada jalan utama di kampung Negeri jaya, Kecamatan Negeri besar, Kabupaten Way Kanan.

Tentu saja keinginan warga sangat berbanding terbalik, karena masih banyak terdapat jalan rusak. Seperti Jalan Utama depan pintu masuk SMP Negeri 1 Negeri besar Teluk mengalami rusak parah. Maka dari itu, masyarakat kampung Negeri jaya dambakan perbaikan jalan tersebut. Diketahui kondisi jalan sudah sangat tak layak dilintasi, namun masih saja ada pengguna jalan melintasi jalan tersebut dengan mobil bermuatan melebihi kapasitas. Rabu,06, Januari 2021.


salah satu warga kampung Negeri Jaya, yang akrab di sapa Iwan mengatakan bahwa
jalan itu sudah di buka selama puluhan tahun oleh Pemerintah sejak masuknya transmigrasi hingga sekarang. Tapi kerusakan jalan yang terjadi sudah dialami masyarakat selama beberapa tahun belakangan ini, sampai saat ini belum ada perhatian dari instansi terkait (Dinas PUPR, Red) untuk perbaikan.

“Sementara ini jalan alternatif yang mereka pakai jalan kampung yang juga rusak. Kami berharap jangan sampai jalan kampung kami pun tambah rusak. Warga kampung Negeri Jaya dan sekitarnya sudah lama mendambakan perbaikan jalan utama tersebut,” terang Iwan.

Diungkapkannya, bahwa warga Negeri besar sudah sering mengajukan perbaikan jalan tersebut ke dalam musyawarah tingkat kecamatan, tapi belum ada respon.

“Kerusakan jalan sangat parah, dimana terdapat beberapa kubangan dengan penuh lumpur dan jalan yang hampir putus, itu sangat berbahaya bagi pengguna jalan yang melintasi jalan utama tersebut. Resiko besar kalau masyarakat yang lewat di jalan itu, jika malam hari dimana kondisi yang parah masyarakat harus lebih berhati-hati,”kata Iwan.

Dia menjelaskan
sudah sering terjadi kecelakaan, tapi masih luka ringan, “Saya berharap perhatian dari Pemkab agar kiranya bisa meminta pihak terkait atau perusahaan untuk memperbaikinya, jangan sampai ada korban meninggal dunia baru diperbaiki,” paparnya Iwan selaku masyarakat sekitar.

Di tempat yang berbeda, camat Negeri besar Drs. Sahdani saat di hubungi terkait jalan rusak yang tersebut, pihaknya tidak bisa berbuat banyak dan tidak punya wewenang dalam hal ini.

“Yah, kami pihak kecamatan tidak bisa berbuat banyak dan wewenang kami terbatas terkait jalan itu, karna statusnya jalan Provinsi, tapi akan kami upayakan untuk selalu mengusulkan ke Kabupaten agar bisa jadi prioritas utama yang harus di bahas dalam Musyawarah rencana pembangunan kabupaten,” ujarnya.

Wartawan : Agus Busri

Komentar

Headline