oleh

Ops Ketupat Musi 2018, Polres Ogan Ilir Tes Urine Sopir Bus Angkutan Lebaran

Petugas dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten OI usai tes urine para sopir bus angkutan lebaran di Terminal KM 32 Timbangan Indralaya, Jumat (8/6/2018). (Sandi Pusaka/ Tribunpos)
Laporan Wartawan : Sandi Pusaka Herman / Ogan Ilir – Sumatera Selatan

TRIBUNPOS.COM, INDRALAYA — Petugas gabungan Polres Ogan Ilir bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten OI menggelar tes urine kepada para sopir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Terminal KM 32 Timbangan Indralaya, Jumat (8/6/2018).

Tes ini dilakukan untuk menjamin kelancaran angkutan lebaran dan kondisi para pengemudi sehingga tidak membahayakan keselamatan penumpang.

Wakapolres OI Kompol M Rizvy Q SH yang memimpin langsung pemeriksaan tersebut mengatakan, giat itu merupakan upaya Polres Ogan Ilir memberikan rasa aman kepada masyarakat pada mudik tahun ini agar sampai selamat ke kampung tujuan.

“Sedikitnya 18 orang sopir dan kenek bus mengikuti pemeriksaan. Sejauh ini tidak ditemukan sopir yang terjaring penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang itu,” ucap Rizvy.

Wakapolres OI Kompol M Rizvy Q SH (tengah).

Lebih lanjut dijelaskan Wakapolres, pemeriksaan urine serta kelengkapan surat kendaraan tersebut dilakukan dalam rangka Operasi Ketupat Musi 2018, yang semata-mata demi menjaga keselamatan para penumpang khususnya pemudik yang menggunakan angkutan umum.

Selain itu, pemeriksaan dilakukan guna mencegah kecelakaan lalulintas baik yang disebabkan oleh faktor pengemudi maupun kendaraan.

“Kami berupaya penuh agar masyarakat yang mudik lebaran merasa aman dan nyaman menggunakan angkutan umum. Jangan sampai ada pengemudi yang mabuk atau terpengaruh narkoba kemudian bisa membahayakan keselamatan penumpang. Demikian pula dengan kelaikan kendaraan,” sambungnya.

Lebih jauh Wakapolres menambahkan, selain test urine, dilakukan juga pemeriksaan kesehatan gratis oleh tim dokter kesehatan (Dokkes) Polres Ogan Ilir.

“Tadi ada sopir yang kurang enak badan (sakit), tim dokter dokkes Polres langsung periksa dan berikan obat serta vitamin, ” ungkapnya.

Andi Kurniawan, Kasi P2N BNN Kabupaten Ogan Ilir

Sementara itu, Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2N) BNN Kabupaten Ogan Ilir, Andi Kurniawan mengatakan, dari 18 pengemudi yang diperiksa, tidak ditemukan pengemudi yang positif menggunakan narkoba.

“Alhamdulillah ini sudah kali ketiga dalam tiga tahun kita menggelar test urine bagi para sopir dan kenek bus angkutan lebaran, dan tahun ini juga negatif pengemudi yang gunakan narkoba,” pungkas Andi. (Tribun Pos)

Editor : Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed