oleh

Kepala Desa SeKabupaten Mesuji Ikuti Bimtek Pengawasan Hukum dan Produk hukum Bagi Desa

TRIBUNPOS,MESUJI LAMPUNG–Dengan masuk nya di era Modern dan pesat nya kemajuan Teknologi saat ini di harapkan pemerintahan Desa mampu  mewujudkan tata klola pemerintahan Desa yang transparan,akuntabel,partisipatif dan demokratis, dalam kesempatan bimbingan teknis hukum pengwasan dan Produk Hukum bagi Desa yang di hadiri 192 peserta dari 105 desa,di Bukit Randu bandar lampung,(2 s/d 4 /10/20)


Dalam paparan Nara sumber yang di sampaikan oleh Roni Abu Hasan dari Dinas Kementrian Desa menerangkan soal regulasi transparanya  pemerintahan desa supaya tidak terjerat dalam hukum harus menanggapi hukum itu secara jelas Agar terhindar dari pelanggaran hukum internal dan meminimalisir pengawasan hukum eksternal.”paparnya.

Ia pun memberikan penegasan agar seluruh Kepala Desa dan perangkat Desa harus cermat agar tidak mudah mengambil keputusan dalam menjalankan instruksi dari pimpinan nya,”terangnya.

selanjutnya memberikan contoh tentang regulasi, semisal Bupati memberikan perintah kepada Kepala Desa untuk membangun jalan Desa menggunakan DD ataupun ADD Maka Kepala Desa harus meminta kepada Bupati untuk dibuatkan Peraturan Bupati agar terhindar dari pelanggaran hukum internal dan pengawasan hukum eksternal,”ujarnya.

Dalam Kesempatan yang sama  ketua Abdesi Kabupaten Mesuji Yusuf Arrasulli Shr. mengatakan, dengan diadakannya Bimbingan Teknis (BIMTEK) ini supaya semua tau,mengerti dan paham terkait Laporan kegiatan Desa,melihat sejauh ini kita lihat diberita berita yang beredar dimedsos, kepala desa yang rentan tersandung hukum, harapan saya  mesuji tidak ada lagi untuk kedepannya,”harapanya.

“Ada sebelas Desa yang tidak hadir Bimtek hari ini, dikarenakan tidak masuk anggaran (RAPBDes) kecuali Desa Sidang iso mukti dan Desa sidang gunung tiga.Saya berharap semoga kegiatan Bimtek ini dapat bermanfaat untuk kita semua khususnya kepala dan perangkat Desa yang ada di kabupaten mesuji,” tutupnya.

Wartawan: Aris rinaldi,SE
Editor. : Indra Tribunpos

Komentar

Headline