oleh

Kasus Jual Beli Jabatan di Cirebon Seret Nico Siahaan

JAKARTA, Tribunpos.com I Penyelidikan kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kabupaten Cirebon menyeret nama Nico Siahaan. Anggota Komisi I DPR yang juga Politikus PDI Perjuangan itu dijadwalkan akan diperiksa tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (30/11/2018), hari ini.

“Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SUN (Sunjaya Purwadisastra) terkait kasus jual beli jabatan di Kabupaten Cirebon,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, dilansir iNews.id di Jakarta, Jumat (30/11/2018).


Belum diketahui kaitan Nico Siahaan dengan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra dalam perkara ini. Nico merupakan anggota DPR yang membidangi pertahanan, intelijen, luar negeri, komunikasi dan informatika. Politikus yang berulang tahun 13 Juni itu berasal dari daerah pemilihan 1 Jawa Barat.

Dalam perkara ini, KPK menetapkan Sunjaya yang juga politikus dari partai yang sama PDIP sebagai tersangka kasus suap jual beli jabatan. Sunjaya diduga menerima pemberian tunai dari sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Cirebon sebesar Rp125 juta sebagai imbalan mengatur rotasi beberapa jabatan, mulai dari jabatan lurah, camat, hingga eselon III.

Atas perbuatannya, Sunjaya disangkakan melanggar pasal Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 12B atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. (Tribunpos)

Editor : Sandi Pusaka Herman

Komentar

Headline