oleh

Pak Bupati Hendra, Jalan di Desa Kami Rusak Parah Bak Kubangan Lumpur, Tolong Perbaiki

TRIBUNPOS MUSIRAWAS, SUMSEL Sedihnya nasib warga Desa Suka Jaya, Kecamatan Sumber Harta, Musi Rawas, Sumatera Selatan. Ternyata, di masa kepemimpinan bupati Hendra Gunawan, masih ada jalan desa yang kondisinya cukup parah.

Jalan poros yang merupakan penghubung utama antara Desa Suka Jaya menuju Desa Sukarami dan Madang, kondisinya sangat memprihatinkan.


Tampak jelas kerusakan sudah memenuhi seluruh bagian badan jalan sampai lebar kisaran 4 meter. Lumpur tanah liat bak kumbangan sedalam 1 meter memperparah kondisi jalan itu.

Mistun (38), warga setempat mengatakan, jika turun hujan, jalan pasti tergenang air hingga seperti kolam ikan di tengah jalan. Ditambah lagi lumpur, membuat jalan tersebut menjadi licin, sehingga makin menyulitkan para pengendara roda dua maupun roda empat yang melintas.

“Ya kalau hujan dan tergenang air, orang-orang pasti lewat depan rumah saya, atau lewat depan rumah warga di seberang sana, mereka takut lewat jalan itu karena licin dan dalam,” katanya kepada tribunpos.com, Selasa (16/6/20).

Dikatakan Mistub, sebelumnya jalan yang rusak itu jalan aspal. Karena sudah rusak dan berlubang, sehingga ditimbun dengan tanah merah berampur batu koral. Namun hal itu tidak bertahan lama, sudah kurang lebih 4 bulan ini, kondisi jalan rusak tersebut makin parah, sampai saat ini.

Warga lainnya, Somi (40) menceritakan, tak jarang tak sedikir kendaraan roda dua yang melintas mengalami kecelakaan. Sementara kendaraan roda empat terkadang mengalami selip pada bagian roda, hingga harus ditarik dan menyebabkan kemacetan.

“Begini lah mas kalau musim hujan, jalan kami berlumpur, kalau panas berdebu. Kasihan bagi anak-anak dan ibu-ibu yang rutinitas melewati jalan itu,” katanya.

Dia menduga, jalan rusak akibat tingginya curah hujan serta kendaraan yang kerap kali melintas melebihi kapasitas maksimal beban jalan, seperti mobil sawit dan pasir, sehingga menyebabkan kerusakan pada badan jalan.

“Jika hujan turun jalan licin dan tergenang air. Sementara saat cuaca panas jalan ini berdebu, dan debunya terbawa angin ke rumah-rumah warga,” paparnya.

Somi berharap, bupati segera memperbaiki jalan ini, sehingga tidak menyulitkan warga dan pengendara yang melintas. “Ya semoga pak bupati mendengar-lah penderitaan kami, kalau musim hujan begini jalanan lumpur bee, kalau musim panas debu yang berterbangan hingga ke rumah warga,” pungkasnya. (Red-TP)

Kontributor: Andika
Editor: Indra Darmawan

Komentar

News Feed