oleh

Ironis, Kabupaten Serang Terkenal Banyak Pabrik Industri, Tapi Penganggurannya Masih Tinggi

SERANG KABUPATEN, Tribunpos.com | Sangat Ironis Kabupaten Serang, merupakan salah satu daerah industri terbesar di Banten. Banyak perusahaan domestik maupun asing berdiri dan membangun pabriknya di wilayah ini. Namun, kondisi itu ternyata tak menjadikan jaminan bagi kabupaten di pimpin bupati Ratu Tatu Chasanah tersebut terbebas dari pengangguran. Bahkan sampai saat ini, angka pengangguran justru masih cukup tinggi.

Tercatat pada periode 2018 saja, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Serang sebesar 84.163 orang.


Salah satu yang menjadi penyebabnya yaitu, karena skill tenaga kerja belum sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sehingga perusahaan mau tidak mau harus mengambil tenaga kerja dari luar Kabupaten Serang.

Meskipun tiap tahun, lowongan kerja banyak dibuka, namun serapan untuk orang Kabupaten Serang yang diterima bekerja masih sedikit. Sedangkan, jumlah lulusan SMA/SMK terus bertambah ribuan orang, menjadi tambahan daftar tunggu pengangguran di Kabupaten Serang.

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Serang, Banten menilai kondisi ini sangat ironis sekali.

“Kita di kelilingi oleh lingkungan industri, namun tingkat penganggurannya masih sangat banyak,” kata Ketua KNPI Kabupaten Serang, Eeng Kosasih kepada Wartawan Tribunpos.com, usai melantik 275 anggota dan pengurus, Minggu, 5 Mei 2019.

Baca Juga: Memalukan, Pengangguran di Banten Tempati Urutan 2 Nasional

Maka dari itu, kata Eeng, KNPI Kabupaten Serang ke depannya akan menggandeng BLKI Banten khususnya BLKI Kabupaten Serang, untuk mendorong pabrik-pabrik yang ada di Kabupaten Serang agar nantinya bisa mengambil anak muda yang telah berlatih di BLKI.

“Jadi nanti kita (KNPI) bersama BLKI akan mendorong pabrik-pabrik agar saat ada penerimaan karyawan baru, mengutamakan yang sudah mengikuti pelatihan terlebih dahulu,” ujarnya.

Baca Juga : Gubernur WH Minta Perguruan Tinggi Cetak Lulusan Siap Pakai

Di tempat yang sama, Ketua KNPI Provinsi Banten, Muhamad Ali Hanafiah mengatakan, KNPI Banten siap membantu pemerintah untuk mengurangi pengangguran yang ada di Banten khususnya di Kabupaten Serang dengan cara membangun LKP sesuai dengan amanat undang-undang kepemudaan.

“Harusnya pemerintah membangun Lembaga Kewirausahaan Pemuda (LKP) dan pemerintah hadir serta membantu dalam persoalan ini,” pungkasnya. (Red)

Wartawan: Oki Andriyanto
Kabiro Serang: Apriadi
Editor: Sandi Pusaka Herman

Komentar

Headline