oleh

Hidup Miskin, 13 Anggota Keluarga Bernaung Dalam 1 Rumah 6x8m

TRIBUNPOS DELI SERDANG, SUMUT | Hidup di bawah garis kemiskinan memaksa 4 kepala keluarga beserta anggota keluarga yang berjumlah 13 orang bernaung dalam 1 rumah yang hanya berukuran 6x8m di Dusun III Desa Bandar Labuhan, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Anggota keluarga tersebut terdiri dari Siti Aisah (65), sang ibu yang telah menjanda, lalu anak Siti Aisah yaitu Herman (42) beserta istri dan 3 orang anaknya, M. Rajali (38) beserta istri dan 3 orang anaknya, dan Anggun (19) yang merupakan janda 1 anak. Bisa dibayangkan betapa sempitnya rumah yang hanya berukuran 6x8m dihuni oleh 13 orang.

Penghasilan yang dimiliki Siti Aisah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Saya hanya pengumpul lidi, tidak bisa berbuat banyak. Hanya bisa pasrah, asalkan anak-anak saya tak kehujanan dan hidup rukun,” ungkapnya sedih kepada awak media, Rabu (15/07/20).

Potret rumah berukuran 6x8m yang menjadi tempat bernaung 4 kepala keluarga berjumlah 12 orang, Rabu (15/07/20). Foto: Azhari Rangkuti

Namun, ia juga tak bisa berharap banyak kepada anak-anaknya karena mereka juga tidak memiliki sumber penghasilan yang memadai. “Herman cuma kernet bangunan, Rajali kerjanya jaga malam diupah Rp50 ribu setiap hari. Anak saya yang namanya Anggun itu seorang janda,” tambahnya.

Dengan kondisi rumah yang sebetulnya sangat tidak cukup menampung 13 orang itu diperparah pula dengan tidak tersedianya kamar mandi dan wc untuk keperluan MCK (mandi, cuci, kakus) keluarga. “Ukuran rumah sekecil itu kami berlindung dari panas, dari hujan. Belum lagi tak ada kamar mandi dan wc, sehingga kalau buang air pergi dulu ke sungai,” jelas M. Rajali.

Potret kemiskinan di Dusun III Desa Bandar Labuhan Deli Serdang tersebut membuat awak media menanyakan tanggapan dan upaya pemerintah desa setempat untuk mengatasi kemiskinan warganya. “Benar bahwa ada 4 kepala keluarga tinggal serumah, pihak desa sudah ada yang membantu,” pungkas Kepala Dusun III Desa Bandar Labuhan Edian saat dihubungi awak media via telepon, Rabu (15/07/20) malam. (Red-TP)

 

Wartawan: Azhari Rangkuti

Editor: Beby Putri Akbar

Komentar

News Feed