oleh

Hari Ini, 31 Calon Komisioner KI Sumsel Ikuti Psikotes di Rumah Sakit Jiwa, Ini Kata Edward

Laporan Wartawan Tribun Pos, Kaka Kertajasa, Palembang, Sumsel

PALEMBANG, Tribunpos.com | Sebanyak 31 calon anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumsel mengikuti tahapan psikotes di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Ernaldi Bahar Palembang, Selasa (23/7/2019).

Psikotes dilakukan oleh tim ahli kejiwaan terdiri dari para dokter dan psikolog dari RSJ milik Pemprov Sumsel tersebut. Selain materi tes tertulis, para peserta juga harus mengikuti tes dinamika kelompok yang akan dilaksanakan besoknya, Rabu (24/7/2019) di tempat yang sama.

“Materi tertulis Psikotes dilakukan hari ini (23/7), besoknya (24/7) dilanjutkan dengan tes dinamika kelompok,” kata Direktur RSJ Ernaldi Bahar, Dr Hj Yumidiansi FMKes melalui Kasi Pengembangan Pelayanan Medik, Muhammad Amin SKM Epid kepada Tribunpos.com, Selasa (23/7) di waktu bersamaan tes.

Dikatakan Amin, pelaksanaan Psikotes memang dilakukan dua hari, yakni tes tertulis terkait psikotes, dan dinamika kelompok yang akan langsung ditangani oleh 4 (empat) tanaga psikolog RSJ Ernaldi Bahar.

“Pada tes dinamika kelompok, dari 31 peserta calon Komisioner KI ini akan dibagi menjadi 4 kelompok diskusi, masing-masing kelompok akan diawasi langsung oleh satu orang dokter psikolog,” pungkasnya.

Diwaktu terpisah, ketua tim seleksi (Timsel) yang juga sebagai Asisten Administrasi dan Umum Setda Provinsi Sumsel, Prof DR H M Edwar Juliartha MM mengatakan, terkait dengan proses seleksi dan psikotes, ia menegaskan akan bersikap objektif. Menurutnya, lolos-tidaknya calon komisioner KI tergantung pada hasil psiksotes dan wawancara.

“Kami (Timsel) akan berupaya untuk menyaring dan menghasilkan calon terbaik komisioner KI yang nantinya akan kami serahkan ke Gubernur, selanjutnya diajukan kembali ke Komisi I DPRD Sumsel untuk menjalani ujian terakhir fit and proper test,” ucapnya.

“Oleh sebab itu, bagaimanapun kami harus menjaga nama baik dan integritas lembaga,” kata Edward saat diwawancarai wartawan media ini lewat telpon bebeberapa waktu lalu.

Dijelaskan Edward, pada tahapan seleksi psikotes dan dinamika kelompok ini, tidak bersifat menggugurkan. Setelah tahapan tersebut dilaksanakan, peserta kemudian akan mengikuti tes wawancara oleh timsel calon komisioner KI Sumsel.

Dari seluruh rangkaian seleksi, timsel kemudian akan menentukan 10 orang calon komisioner KI yang akan diajukan ke Komisi I DPRD Sumsel untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan.

“Sepuluh nama itu nantinya akan diserahkan kepada DPRD untuk diproses lagi menjadi lima orang yang akan ditetapkan menjadi komisioner KI Sumsel.” pungkasnya.

Untuk diketahui tes psikologi dan dinamika kelompok ini, dibuka langsung oleh Ketua Tim Seleksi (Timsel) yang juga sebagai Asisten Administrasi dan Umum Setda Provinsi Sumsel, Prof DR H M Edwar Juliartha MM.

Hadir juga Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumsel, Achmad Rizwan SSTP MM, Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Ernaldi Bahar, Dr Hj Yumidiansi FMKes dan Kabid Pengelolaan Informasi Publik (PIP) Diskominfo Pemprov Sumsel sekaligus Kepala Sekretariat Panitia Seleksi calon anggota Komisi Informasi, Amrullah SSTP MSi. (Red)

Editor: Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed