oleh

GPS Cilegon Gelar Kopdar Sambil Aksi Donor Darah

Laporan Wartawan Tribun Pos, Badiamin Sinaga, Cilegon, Banten

CILEGON, Tribunpos.com | Komunitas Generasi Pemuda Sehat (GPS) Cilegon, Banten, kembali menggelar kopi darat (Kopdar). Berbeda dengan kopdar biasanya, kali ini organisasi yang baru setahun terbentuk itu, berkumpul sembari mengadakan kegiatan sosial donor darah untuk membantu sesama yang membutuhkan.

Aksi sosial donor darah dipusatkan di bekas gedung Honda, Lingkungan Babakan Seri RT 06/RW 01, Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Pulomerak, Cilegon.

Kegiatan yang berlangsung sejak pagi, Kamis (01/08/19) tersebut, mendapat animo besar dari masyarakat. Bahkan dukungan positif juga datang para pegawai serta pejabat kelurahan setempat.

Pantauan langsung wartawan Tribunpos.com, secara sukarela satu persatu anggota GPS mendonorkan darahnya, kemudian diikuti masyarakat dan para pegawai kelurahan.

Ketua GPS Cilegon, Bowo mengatakan, aksi donor darah ini berangkat dari keperihatinan mereka ketika melihat seringnya korban kecelakaan lalulintas yang membutuhkan banyak darah, ketika harus masuk rumah sakit. Sedangkan kondisi stock darah di PMI masih terbatas.

“Dari situ lah kita terpanggil untuk mengadakan kegiatan aksi donor darah ini, dan memberitahukan serta mengajarkan kepada masyarakat bahwa begitu pentingnya donor darah itu,” kata Bowo.

Dikatakannya, kegiatan positif ini akan dilakukan rutin oleh organisasi GPS, sebagai salah satu bentuk aksi sosial untuk ikut peduli sesama.

“Kegiatan aksi donor darah ini memang baru sekali kami adakan, tapi ke depan kami akan rutin melakukannya,” ujarnya.

Sementara itu, TB Edy Sugara, Lurah Taman Sari mengatakan sangat mendukung program yang digagas anak muda yang tergabung dalam organisasi Generasi Pemuda Sehat (GPS) Cilegon ini. Menurutnya, ini adalah kegiatan positif sebab itu dirinya sebagai lurah sangat mendukung program seperti ini.

“Dan Insa’Alloh moment kemerdekaan RI yang ke-74 mendatang, saya akan minta ke warga saya untuk melakukan kegiatan serupa,” ungkap Edy yang juga ikut mendonorkan darahnya itu.

Dia menghimbau, masyarakat jangan merasa takut kalau mau donor darah. “Dari sisi kesehatan sangat bagus,” ucapnya.

Senada, Ketua RT 06 RW 01, Slamet Riyadi juga mendukung program tersebut. Dikatakannya, karena baru pertama kali di lingkunganya ada kegiatan seperti ini, maka banyak yang belum paham pentingnya donor darah bagi kesehatan dan membantu sesama yang membutuhkan.

“Suatu saat ada warga kita atau pun warga di luar wilayah kita yang membutuhkan donor darah, dari Kopdar GPS ini, kita sudah punya data warga dan data golongan darahnya, jadi tidak sulit lagi mencari pendonor bagi warga yg membutuhkan donor darah, karena kita sudah ada data di warga,” paparnya.

Sugeng Riyanto dari PMI Cilegon menjelaskan, jumlah yang mendaftar mendonorkan darahnya ada sekitar 71 orang dan dinyatakan lolos untuk pengambilan darah 35 orang.

“Ini jumlah yang cukup luar biasa, karenakan daerah ini baru pertama kalinya diadakan kegiatan donor darah seperti ini,” ujarnya. (*/Red)

Editor: Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed