oleh

Gandeng Tiga Perusahaan Rekanan, PT. ASB MoU Majukan Sektor Pertanian di Kabupaten Serang

Laporan Wartawan Tribunpos, Alan Rahmatullah, Serang, Banten

TRIBUNPOS, SERANG I Untuk mendorong peningkatan hasil pertanian dan penjualan di Kabupaten Serang, PT Agro Serang Berkah (ASB) melakukan Memorendum of Understanding (MoU) dengan PT. Pupuk Indonesia Pangan (PIP), PT. Agro Jabar (AJ), dan PT. Jawara Indonesia Pangan (JIP). MoU disaksikan langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Pendopo Bupati Serang, Rabu (31/03/2021).

Direktur PT Agro Serang Berkah, Neneng Sri Hastuti Handayani mengatakan, pihaknya mengajak tiga perusahaan lainnya untuk membantu petani mulai dari pencarian bibit hingga panen.

“Petani tidak dibebani biaya untuk membeli pupuk, gabah, dan benih karena modal sudah kita kasih sehingga akan ada bagi hasil setelah panen,” ungkapnya.

Menurutnya, melalui kerjasama tersebut, pihaknya akan membantu proses produksi sampai penjualan. “Petani tidak perlu mikirin modal dan penjualan sehingga bisa fokus untuk produksi pertaniannya saja,” imbuhnya.

Dia merinci beberapa point penting yang MoU kan, antara lain: Jasa Bisnis Harves Combain, Agro Solution, Of Taker Gabah Kering Petani – Gabah Kering Giling DKP-DKG, Produk produk hasil produksi dari pupuk Indonesia pangan akan dijual ke toko dharingnya Agro Serang Berkah (ASB Mart).

Bupati Serang, Hj Ratu Tatu Hasanah mengatakan, MoU ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Salah satunya dengan membantu market petani dari hasil gabah, yang petani selama ini masih kebingungan untuk menentukan dan menemukan marketnya. Sehingga petani akan mendapatkan nilai tambah yang lebih menguntungkan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Serang Zaldi Dhuhana menjelaskan, melalui kerjasama tersebut akan ada tambahan alat panen menggabungkan pemanen sehingga gabah yang dipanen mutunya terjaga dan bisa dijadikan bahan baku premium dan meningkatkan nilai jual gabah.

“Kami bekerjasama dengan PT Agro Serang Berkah (ASB), Pupuk Indonesia Pangan (PIP), Agro Jabar (AJ), dan Jawara Indonesia Pangan (JIP),” kata Zaldi.

Kerjasama dengan ASB dan PT PIP pengelolaan pengelolaan 6 unit gabungan pemanen, sarana produksi solusi pertanian dan penyerapan gabah petani. Sedangkan PT ASB dengan PT JIP akan berfokus pada penyerapan gabah petani untuk bahan baku premium.

“Petani yang panen menggunakan alat panen gabungan dari PIP yang memiliki alat yang lebih canggih saat panen, penyediaan benih juga akan dibantu oleh AJ dan saat penjualan melibatkan JIP,” jelasnya.

PT ASB dengan PT AGro Jabar juga akan berfokus pada pembiayaan usaha tani jagung dan suplai jagung pipilan kering ke pabrik pakan di Kabupaten Serang. “Dukungan pengembang jagung di Serang tanam jagung dapat bertambah dan meningkatkan suplai bahan baku ke pabrik pakan di kabupaten serang,” tuturnya.

Diketahui, PT Agro Serang juga in in with Pupuk Indonesia Pangan (PIP), Agro Jabar (AJ), dan Jawara Indonesia Pangan (JIP). Hal itu, dilakukan pihaknya untuk membantu proses teknis saat dimulainya pekerjaan tersebut. (Red-TP)

Editor Berita: Sandi Pusaka Herman Timur

Komentar

News Feed