oleh

Diterjang Angin Puting Beliung, 4 Rumah di Limbang Jaya Rusak

Salah satu rumah warga Limbang Jaya I yang menjadi korban angin puting beliung.
Laporan Wartawan Tribun Pos : Kaka Jono / Limbang Jaya, Ogan Ilir

TRIBUNPOS.COM, TRIBUN DESA — Angin puting beliung menerjang kawasan pemukiman di Desa Limbang Jaya I, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

Angin puting beliung disertai hujan deras yang terjadi Jumat malam (1/6/2018) kemarin, mengakibatkan 4 rumah warga yang tinggal di kampung I tak jauh dari Pondok Pesantren Inayahtullah itu mengalami kerusakan parah.

Mala Rafik (38) salah seorang warga yang menjadi korban puting beliung, mengaku sebelum rumahnya diterpa anging, saat itu terjadi hujan deras disertaai angin kencang, tapi setelah hujan semakin reda tiba-tiba angin kencang menyapu atap rumahnya.


“Nenger (mendengar) ado suaro campak (jatuh) dari pocok (atas) rumah, langsung bae (saja) kami keluar rumah. Untung nian genteng rumah idak (tidak) nimpo (menimpa) anak ku,” kata Mala kepada Tribunpos.com.

Bukan hanya rumah Mala, rumah tetangganya Karyanto, Usman Hada dan Anaknya Jubek juga memgalami hal serupa. Kepala Desa Limbang Jaya I, Baihaki mengatakan, rumah yang terdampak puting beliung berada di kampung satu.

“Ada empat unit rumah di Dusun I, semalam yang terkena angin puting beliung,” kata Kades Baihaki kepada Tribunpos.com, Sabtu (2/6/2018).

Ia mengatakan, mayoritas rumah mengalami kerusakan di bagian atas karena atap berjatuhan dan juga beterbangan tersapu angin kencang yang melanda desanya.

Baihaki mengimbau warganya agar tetap waspada. Sebab, beberapa hari terakhir, musim hujan deras dengan disertai angin kencang, sehingga membuat sejumlah pohon besar tumbang.

Sampai berita ini diterbitkan, belum ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir. Yang ada bantuan dari warga setempat yang kebetulan anggota DPRD Provinsi Sumsel, Hardi Sopuan.

“Saya selaku kepala desa, berharap ada kepedulian dari Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir untuk turun membantu warganya yang lagi terkena musibah angin puting beliung,” pungkasnya. (Red)

Penulis : Kaka Jono
Editor : Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed