oleh

Catat, 6 Agustus Tahapan Pilkades Serentak di Ogan Ilir Dimulai

Ilustrasi Pilkades
Laporan Wartawan : Kaka Kertapati / Indralaya, Ogan Ilir

TRIBUNPOS.COM, INDRALAYA — Penantian panjang akan informasi jadwal Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Ogan Ilir akhirnya mulai mendapati titik terang. Rencananya, pemungutan suara Pilkades tersebut bakal digelar serentak pada Nopember 2018 mendatang.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Ogan Ilir, Trisnopilhaq, saat ditemui Tribunpos.com, Jumat (3/8/2018).

Trisno menuturkan, tahapan pilkades serentak dimulai pada 6 Agustus, dengan agenda pembentukan panitia pemilihan dan pengawasan tingkat kabupaten.


“Berdasarkan jadwal tahapan yang sudah disusun, rencananya tanggal 6 Agustus besok dimulai, namun kami masih menunggu hasil persetujuan pak bupati. Dalam beberapa waktu ke depan kami akan menghadap menyampaikan jadwal dan tahapan pilkades serentak ini,” ujarnya.

Trisno mengatakan, DPRD sudah menyetujui anggarannya. Dikatakannya, beberapa waktu lalu dewan sudah bersidang ‘mengetok palu’ terkait anggaran Pilkades serentak tersebut.

“Kami (baca, PMD) telah berkordinasi dengan DPRD untuk menyelaraskan Pilkades serentak,” ucap mantan Kadisnakertrans ini.

Trisnopilhaq, Kepala Dinas PMD Ogan Ilir

Ditambah Trisno, aturan Pilkades serentak mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup). Namun ia lupa Perbup nomor berapanya.

“Maklum karena saya masih baru disini, jadi masih harus banyak menyesuaikan lagi,” terangnya.

Ia mengemukakan, ada 24 desa yang bakal mengikuti Pilkades serentak itu.

“Sebenarnya yang masa jabatannya habis di 1 Januari 2019 ada sebanyak 5 desa lagi, tapi kita tidak ikutkan. Jadi, cuma 24 desa saja yang ikut Pilkades serentak ini,” lanjutnya.

Sementara, untuk jangka waktu pemilihan dan pemungutan suara hingga pelantikan kepala desa terpilih, akan berlangsung mulai dari tanggal 6 Agustus – 17 Nopember 2018.

“InsyaAllah 6 – 12 Agustus besok, kita sudah memulai tahapan pembentukan panitia pemilihan dan panitia pengawasan Pilkades mulai dari desa, kecamatan hingga kabupaten.” pungkasnya. (Tribunpos)

Editor : Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed