oleh

Belum Setahun, Proyek SERASI di Banyuasin Sudah Rusak, Usut Dong!

TRIBUNPOS BANYUASIN, SUMSEL  –  Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumsel, diminta mendalami dugaan korupsi sejumlah proyek program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) di Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin.

Lantaran belum genap setahun, di beberapa titik proyek SERASI yang dikerjakan tahun 2019 itu, kondisinya sudah rusak. Salah satunya proyek parit untuk irigasi dangkal di Desa Panca Mukti, Kecamatan Muara Telang.


Berdasarkan laporan masyarakat yang diterima tribunpos.com, pada bangunan fisik pintu air untuk irigasi persawahan sudah rusak, bahkan ada bagian pintu air tersebut yang hilang.

Diduga proyek berbentuk normalisasi dan pembuatan tanggul penangkis air, agar bisa mengatur debit volume air berfungsi sebagai pengaman sawah masyarakat, tidak dikerjakan dengan benar oleh oknum pelaksana proyek.

Progres pekerjaan proyek

Disinyalir proyek bantuan sosial untuk mengangkat kesejahteraan petani dari Kementerian Pertanian melalui pemerintah provinsi dan kabupaten itu, dikerjakan asal-asalan dan ada kerugian negara di sana.

Tadinya, harapan proyek bantuan ini, dapat lebih memaksimalkan hasil produksi pertanian sehingga bisa menambah kesejahteraan penghasilan masyarakat. Namun, jika dikerjakan tak benar, di-khawatirkan, usia bangunan tidak berumur panjang. Dan tidak sampai membawa manfaat besar bagi petani.

Kepala Desa Kepala Desa Panca Mukti , Afantri WD dan selaku Unit Pelaksana Kegiatan Kerja (UPKK) proyek tersebut belum bisa dikonfirmasi lebih lanjut. (Red-TP)

Penulis: Sandi Pusaka Herman Timur

Komentar

Headline