oleh

Air Sumur di Pagaralam Keluar Minyak Berbau Solar

Laporan Wartawan Tribun Pos, Rivaldo Putra, Pagaralam, Sumsel

PAGARALAM, Tribunpos.com | Amrin warga di Dusun Bandar RT 02 RW 01 Kelurahan Kance Diwe, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagaralam kaget, saat dirinya hendak membasuh mukanya dengan air bak yang disedot dari sumur miliknya. Pasalnya air tersebut menjadi berminyak dan berbau menyengat seperti solar.

Amrin mengaku, bahwa sejak empat hari lalu, dirinya tidak bisa lagi menggunakan air di sumur yang terletak di dapur rumahnya, lantaran air audah tercemar minyak.

“Awalnya saya mau cuci muka, karena baru bangun tidur. Namun saya terkejut, karena muka saya dipenuhi minyak, dan berbau seoerti solar. Lantaran saya menyedot air di dalam bak mandi dari sumur, saya lihat di dalam sumur, ternyata sumur sudah dipenuhi minyak,” kata dia kepada Tribunpos.com, Rabu (24/07/2019).

Amrin menuturkan, bahwa sumur miliknya tersebut, sudah dibangun sejak 10 tahun yang lalu. Namun peristiwa munculnya minyak misterius tersebut, baru kali ini terjadi.

“Ini bukan sumur yang baru digali, sumur ini sudah lama. Namun kejadian keluar minyak ini, baru saja terjadi,” tutur dia.

Dia mengungkapkan, bahwa belum mengetahui mibyak jenis apa dan asal usulnya. Lantaran penasaran, dia lantas memanggil pihak ketua RT dan RW, kemudian melaporkannya kepada Camat Dempo Selatan.

“Saya sempat diamkan selama 3 hari, karena saya pikir akan hilang dengan cara di kuras. Namun hingga sekarang minyak masih tetap ada. Lalu saya melaporkan ini kepada ketua RT dan RW, sehingga mereka melapor kepada camat, dan mereka sudah membawa sampel air yang ada minyak itu, katanya untuk diteliti,” ucapnya.

Amrin berharap, agar permasalahan minyak ini segera diketahui, karena ada juga yang mengira bahwa dia sengaja menumpahkan minyak ke dalam sumur miliknya itu.

“Saya harap, hasilnya segera keluar. Agar diketahui asal usul minyak, entah ada tambang minyak atau apalah di bawah rumah saya. Kami harap juga, pemerintah secepatnya bertindak, karena sumur mengeluarkan bau minyak menyengat, dan lokasinya di dapur rumah, jadi tercium dengann jelas,” tambahnya.

Sementara itu, Aan selaku warga mengaku, bahwa fenomena minyak di sumur tersebut, pertama kali terjadi di Dusun Bandar. Banyak warga datang untuk menyaksikannya langsung.

“Kami penasaran, makanya kami datang untuk melihat secara langsung. Ternyata memang benar, air sumurnya berminyak. Kalau saya cium, bau minyak tanah, ada juga yang mencium, seperti bau solar,” ujar dia sambil mencium air yang berada di ember. (Red)

Editor: Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed